Wednesday, November 7, 2018

PENGALAMAN KETIKA TUGAS AKHIR


          Oke gaes kita akan sedikit membahas pengalaman ketika TA (Tugas Akhir) dalam rangka syarat utama kelulusan Diloma II Teknik Mekatronika di Akademi Komunitas Negeri Ponorogo. Saat itu ketika memasuki semester 4 saat mahasiswa sedang bingung-bingungnya mikirin judul buat diajuin ke dewan penguji, semua mahasiswa pada memutar otak agar mendapatkan judul TA yang sesuai. Pada saat waktunya tiba maka semua judul dikumpulin dan dimintai pertanggungjawaban – cie kaya udah di akhirat aja – haha tapi emang bner lo semua mahasiswa diminta menjelaskan kepada dosen-dosen pembimbing kenapa mengambil judul tersebut, situ. Dan ane kalo gak salah ngajuin judul Mesin Pengering Tangan Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 – kalo gak salah lo ya – dan karena waktu itu ada urusan yang memaksa ane gak bisa datang maka judul TA ane dijelasin sama temen ane yang bernama panggil saja Arum – nama sebenarnya – dan setelah dijelasin ternyata judul TA ane gak layak untuk djadikan Tugas Akhir. Dan setelah semua judul diajuin ke PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) ternyata benar dari total 18 mahasiswa Teknik Mekatronika Cuma judul ane yang ditolak, kebayang kan gimana tuh rasanya, dan untungnya ane tau kabar itu sebelum pengumuman resmi keluar jadi ane segera nemuin Pak Rochdi atas saran dari Pak Bambang. Ane curhat dan minta masukan kepada beliau kira – kira judul apa yang bisa dijadiin buat TA, sebenarnya ane juga udah nemu ide yaitu tempat sampah otomatis gitu, tapi bingung mau kasih judul apa yang pas gitu. Tempat Sampah Buka Tutup Otomatis kah? Ah jelek, gitu kata Pak Rochdi. Dan setelah sama – sama saling berfikir tiba – tiba Pak Rochdi bilang “Rancang Bangun Automatic Trash Bin ae gimana?” gitu kata beliau, dan dari situlah saya berterimakasih kepada beliau karena bisa memberi clue tentang judul, dan akhirnya setelah saling tukar pendapat maka jadilah judul TA ane Rancang Bangun Automatic Trash Bin Dengan Sensor PIR Berbasis Mikrokontroler Atmega8535. Dan pada saat itu juga Pak Rochdi segera mengirim ulang judul revisi ke PENS. Dan setelah pengumuman resmi keluar semua judul diterima. Yeyyy!!!
Judul diterima bukan berarti beban selesai, ini bisa dibilang menjadi langkah awal dalam pembuatan Tugas Akhir ini, disinilah kita benar – benar harus mempertanggungjawabkan judul kita dengan membuatnya menjadi nyata, menjadi alat jadi. Dan ane juga dituntut bisa membagi waktu karena kampus juga sedang dalam mempersiapkan event teknik se – Jawa Timur, ACTION. Ane sebagai panitia yang mengakibatkan pikiran lebih condong terfokus ke event. Dan benar saja selama hampir 1 bulan sejak pengumuman judul, ane belum bisa fokus ke TA, masih sebatas membuat minimum sistem dan membeli peralatan umum lainnya. ACTION selesai dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan pengurus BEM membuat satu beban hilang, dan kini pun bisa benar – benar fokus mengerjakan Tugas Akhir.
Dimulai dengan membeli tempat sampah dengan harga yang relatif murah, kemudian memodifikasinya dengan memberi engsel pada tutupnya agar bisa dibuka dan ditutup, merakit rangkaian elektronik, dan menggabungkan rangkaian elektronik tersebut dengan mekanik, sampai memberi program pada alat ini. Dan di saat tersebut ane sangat berterimakasih kepada salah seorang teman yang bernama Bada’ Amru Al Muhtadin yang banyak membantu dalam penyusunan rangkaian elektronik terutama. Tapi di saat inilah kebersamaan begitu terasa antar sesama mahasiswa seperjuangan, dimana keterbatasan alat dalam membuat TA membuat hari – hari diisi dengan pergi ke bengkel di kampus untuk menyelesaikan TA ini, dan momen tersebut pun datang ketika Bulan Ramadhan datang sehingga sedikit banyak mempengaruhi, tapi tak manjadi alasan untuk tetap semangat – begitu kata Bondan Prakoso – sampai H-5 lebaran pun kami masih tetap pergi ke kampus untuk menyelesaikan kewajiban ini. Dan temoat sampah otomatis buatan ane Alhamdulillah 80% jadi sebelum lebaran. Tinggal pasang tutup dan sedikit merapikan kabel – kabel yang terpasang. Sekitar seminggu setelah lebaran anak – anak kompakan ngelanjutin ngerjain TA di rumah Bada’ – lebih nyantai soalnya – hehe jadilah sekitar 2 mingguan anak – anak ngebut buat nyelesaiin. Dan tempat sampah otomatis ane pun bisa dikatakan 100% jadi. Kebayang kan gimana senengnya setelah perjuangan dari awal berbuah manis. Dan ketika sidang Tugas Akhir tanggal 14 Agustus 2015 pun Alhamdulillah ane bisa melaluinya dengan lancar. Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kelancaran dalam segala penyusunan Tugas Akhir sehingga dapat saya selesaikan tepat waktu, terimakasih kepada Pak Rochdi yang telah memberi inspirasi dalam pemilihan judul, terimakasih kepada Pak Mohan dan Pak Djoko atas bimbingannya dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini, dan terimakasih yang tak terhingga kepada Bapak, Ibu, Adik dan seluruh keluarga atas dukungannya.


No comments:

Post a Comment

MAGANG DI DAIHATSU KYUSHU JEPANG

Ohayou gozaimasu… Konnichiwa… Konbanwa… bagi minnasan semuanya, gak kerasa ya udah lama banget gak posting dimari. Ini blog udah k...