Friday, September 18, 2015

RANCANG BANGUN AUTOMATIC TRASH BIN DENGAN SENSOR PIR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535



Alhamdulillah setelah lama tidak posting di blog ini akhirnya bisa kembali menyempatkan diri ngoceh dimari. Maklum selama beberapa bulan ke belakang ini ane sibuk ngerjain Tugas Akhir. Dan pada kesempatan kali ini ane mau ngebahas topik seputar Tugas Akhir. Oke langsung ke inti aje ye. Tugas Akhir kemarin ane ngambil judul Rancang Bangun Automatic Trash Bin Dengan Sensor PIR Berbasis Mikrokontroler Atmega8535. Gambaran singkatnya alat ini adalah sebuah tempat sampah biasa yang dimodifikasi sedemikian rupa menjadi otomatis dengan rincian menggunakan sensor PIR sebagai inputan, tau sensor PIR kan? Sensor PIR itu adalah sebuah sensor yang mendeteksi gerakan manusia. Kepanjangan dari PIR adalah Passive Infrared Receiver. Dari namanya saja bisa diketahui kalo sensor mendeteksi infra merah yang ada pada tubuh manusia, jadi nanti kalo ada gerakan dari manusia yang notabenya mempunyai gelombang infra merah maka akan dideteksi oleh sensor PIR yang akan kemudian akan diproses oleh mikrokontroler. Selanjutnya menggunakan mikrokontroler Atmega 8535. Kenapa pake Atmega8535? Karena selain IC jenis ini sudah begitu familiar juga karena alat yang akan dibuat nantinya tidak membutuhkan memory yang banyak jadi cukup dengan IC Atmega8535, disini mikrokontroler Atmega8535 memegang peranan penting dalam kelangsungan alat ini karena ini adalah otak dari alat ini. Setelah menerima inputan dari sensor PIR tadi maka akan diproses disini, tentunya dengan program yang telah dimasukkan di dalamnya, untuk program sendiri menggunakan software CodeVision AVR yang pake bahasa C. Di IC ini mempunyai 4 port yaitu port A, B, C, dan D. Port A digunakan sebagai outputan dari motor servo sebagai penggerak tempat sampah otomatis ini -pembahasan mengenai motor servo akan di bahas setelah ini-. Port B digunakan sebagai port untuk inputan dari sensor PIR, sedangkan port C dan D digunakan sebagai output indikator, C untuk buzzer dan D untuk LCD. Motor servo sengaja digunakan karena spesifikasinya yang mampu bergerak CW (searah jarum jam) dan CCW (berlawanan arah jarum jam). Oke bisa disimpulkan bahwa komponen utama tempat sampah otomatis ini adalah sensor PIR, mikrokontroler ATmega8535, motor servo, dan buzzer.
Setelah mengalami proses perakitan elektronik dan mekanik maka jadilah wujud fisik dari tempat sampah otomatis ini, jreeeng jreeeeeeeeeeeeennnnngggggggggggggggg……………




Yaa…. Demikian adalah wujud jadi dari tempat sampah otomatis buatan ane

Cara Kerja:
1.      Beri sumber tegangan sebesar 6 Volt DC kepada alat, tegangan berasal dari catu daya.
2.      Setelah diberi tegangan maka alat akan melakukan kalibrasi.
3.      Tempat sampah tidak akan aktif apabila gerakan tidak berada pada jarak jangkauan sensor PIR (jarak jangkauan ke atas 0-4,4 meter dan ke samping 0-3,8 meter)
4.      Tempat sampah akan aktif (tutup terbuka) apabila gerakan dapat dideteksi oleh sensor PIR, maka motor servo akan berputar CW sebesar 90° dan akan delay selama 5 detik lalu berputar kembali CCW juga sebesar 90° (tempat sampah menutup).
5.      Ketika tempat sampah terbuka buzzer juga akan berbunyi selama 1 detik, LCD juga akan menampilkan indikator “MASUKKAN SAMPAH YANG ANDA BAWA” lalu setelah menutup juga akan menampilkan indikator “TERIMA KASIH”. Dan ketika tempat sampah dalam keadaan stand by indikator di LCD adalah “AOTOMATIC TRASH BIN”.

Simpel sekali bukan? Ke depannya alat ini mungkin bisa dikembangkan lagi sesuai perkembangan zaman. Dan apabila ada yang ingin bertanya tanya seputar tempat sampah otomatis ini bisa via email di totoksetiawan4@gmail.com


2 comments:

  1. Alatny bagus gan. Saya jadi ingin mengangkatkan alat ini sbg tugas mekatronika saya. Boleh saya minta script program PIR nya gan?

    ReplyDelete
  2. Saya ingin mengangkat alat ini untuk tugas microkontoler saya bang,boleh saya mengetahui cara kerja program automatic trash bin ny bang?

    ReplyDelete

MAGANG DI DAIHATSU KYUSHU JEPANG

Ohayou gozaimasu… Konnichiwa… Konbanwa… bagi minnasan semuanya, gak kerasa ya udah lama banget gak posting dimari. Ini blog udah k...