Friday, September 18, 2015

Cerita Saat Lomba Inovasi Teknologi Mahasiswa di UNY


Halo gaes, kali ini ane mau out of the box, yup, pada kesempatan kali ini ane mau ngebahas pengalaman saat ikut Lomba Inovasi Teknologi Mahasiswa 2014 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta. Pada awal kisah, saat itu temen ane yang dari jurusan Teknik Informatika bernama Hafidz Jazuli Lutfi secara tiba-tiba ngomong ke ane kalo di UNY bakal ada lomba yang bertema tentang inovasi teknologi. Doi bilang kalo udah punya temen yang diajak dari anak TI yg bernama Prasetyo Budi Utomo. Hafidz bilang kalo di projectnya kali ini butuh bantuan anak Mekatronika buat ngrampungin projek lomba ini, ane pun langsung setuju buat gabung dalam tim ini, ane juga ngajak temen ane dari Mekatronika yg tak lain dan tak bukan Bambang Kusbandono dan Bada’ Amru Al Muhtadin. Tim kami pun komplit dengan anggota Hafidz Jazuli Luthfi, Prasetyo Budi Utomo, Totok Setiawan, Bambang Kusbandono, dan Bada’ Amru Al Muhtadin plus Jaafar Hisyamudin Umar yang kami ajak karena doi juga ikut lomba fotografi.. Projek yang kami garap ini kami beri judul AUTOPASSER (Automation Passenger Counter) untuk bus Transjogja. Jadi intinya projek kami bekerja untuk menghitung penumpang masuk dan penumpang keluar pada bus transjogja. Namun kami pun menunggu pengumuman di web lomba untuk mengetahui siapa-siapa saja yang lolos 10 besar, dan akhirnya tim kami dinyatakan lolos 10 besar yang berarti kami resmi bertanding di perlombaan inovasi ini, yang menjadi kami tertantang adalah tim kami adalah satu-satunya tim dari UNY di 10 besar, 9 UNY 1 AKNP (Akademi Komunitas Negeri Ponorogo). Jadi ceritanya 9 lawan 1 :D. No problem, wani tok! Setelah berminggu-minggu dan sempat tertunda akibat banyak acara kemahasiswaan di kampus, akhirnya kami menyelesaikan projek kami ini. Namun ternyata masalah tak berhenti disini, H-2 sebelum lomba dilaksanakan projek kami belum selesai, kami pun sepakat berangkat H-1 dan menyelesaikan projek di tempat kos. Keberangkatan kami disambut hujan dan petir yang menggelegar, namun kami tetap melanjutkan perjalanan dari Ponorogo menuju Yogyakarta. Kami pun tiba di Jogja malam hari dan langsung ke tempat kosan, setelah mandi dan sebagainya kami melanjutkan projek kami, kami pun lembur sampai jam 3 pagi, padahal nanti jam 7 nya lomba udah dimulai dan projek belum kelar, kebayang kan gimana rasanya kayak gitu

            Akhirnya kami pun berangkat ke lokasi lomba dengan keadaan projek yang belum kelar, sampai di tempat lomba 3 orang dari kami (Hafidz, Bada’, Bambang) melanjutkan proses perampungan projek, sedangkan ane sama Pras masuk ruangan terlebih dahulu untuk pengambilan nomor undian. Setelah maju mengambil nomor, pas mau ngebuka kertasnya ane berdoa agar dapet undian nomor 8, 9, atau 10. Dan ternyata setelah ngebuka kertas undiannya takdir menakdirkan kami untuk maju di urutan pertama, wowwwww, kurang apes gimana coba. Langsung kuhubungi temen-temen buat cepat-cepet ngerampungin projeknya. Dan Alhamdulillah projek kami lumayan selesai. Kami pun maju, sebagai perwakilan yang maju ane, bada’, sama hafidz.
           
                                               
Tim kami saat presentasi dan demo alat
            Kami pun mempresentasikan dan mendemokan alat kami, setelah mendapat pertanyaan dan masukan-masukan dari juri kami pun selesai. Presentasi dan demo dilanjutkan sampai tim terakhir. Setelah semua tim mendemokan projeknya masing-masing pengumuman pun  diumumkan, dan alahamdulillah karena memang perjuangan tak akan sia-sia, meskipun tidak berhasil menjadi yang terbaik tapi tim kami berhasil mendapat juara 3 di lomba ini.


Tim berfoto bersama

DAN AKHIRNYA SALAM SUKSES UNTUK SEMUANYA, SEMOGA AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PONOROGO SEMAKIN MAJU DAN SEMAKIN MAJU LAGI!!!

No comments:

Post a Comment

MAGANG DI DAIHATSU KYUSHU JEPANG

Ohayou gozaimasu… Konnichiwa… Konbanwa… bagi minnasan semuanya, gak kerasa ya udah lama banget gak posting dimari. Ini blog udah k...