Friday, September 18, 2015

Tempat Sampah Otomatis (BAB I)



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Setiap hari manusia menghasilkan sampah, baik sampah rumah tangga maupun sampah industri yang bermacam-macam bentuk dan jenisnya. Pengolahan sampah yang buruk dapat menyebabkan masalah lingkungan yang merugikan. Sampah akan menjadi masalah karena dapat mengganggu kesehatan manusia, menimbulkan bau busuk dan polusi udara. Adanya tempat sampah seakan tidak begitu berarti karena kebanyakan orang lebih suka membuang sampah secara sembarangan.
Tempat sampah yang ada sekarang ini kebanyakan masih menggunakan cara sederhana yaitu dengan membuka dan menutup tutup tempat sampah secara manual. Hal ini akan menyebabkan tangan akan sangat rawan terkena bakteri dari tempat sampah tersebut. Atas dasar tersebut penulis bertujuan untuk membuat suatu tempat sampah dimana penggunaannya secara otomatis yaitu tanpa membuka atau menutup secara manual. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis mengambil judul “Rancang Bangun Automatic Trash Bin Dengan Sensor PIR Berbasis Mikrokontroler ATMega8535”.



1.2    Batasan Masalah
a.        Tidak membahas jenis-jenis sampah.
b.       Tempat sampah ini adalah tempat sampah yang digunakan di dalam ruangan.
c.        Tempat sampah ini untuk sampah kering.
d.       Tidak membahas respon sensor PIR pada gerakan selain gerakan dari manusia.


1.3    Rumusan Masalah
a.        Bagaimanakah proses dari rancang bangun automatic trash bin dengan sensor PIR berbasis mikrokontroler ATMega8535?
b.       Bagaimanakah cara kerja rancang bangun automatic trash bin dengan sensor PIR berbasis mikrokontroler ATMega8535?
1.4    Tujuan
a.        Mengetahui proses dari rancang bangun automatic trash bin dengan sensor PIR berbasis mikrokontroler ATMega8535.
b.       Mengetahui cara kerja rancang bangun automatic trash bin dengan sensor PIR berbasis mikrokontroler ATMega8535.


1.5    Manfaat
a.        Dapat meningkatkan tingkat kehigienisan tempat sampah.
b.       Memberikan kemudahan bagi pemakainya karena penggunaannya yang praktis dan mudah.
c.        Dapat memberikan kesadaran pada masyarakat tentang betapa pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
d.       Dapat menghindarkan pembuang sampah dari bakteri yang terdapat pada tempat sampah karena tidak perlu bersentuhan langsung dengan tempat sampah.


7 comments:

  1. mas bisa mintak skript sama tutor saya menarik sama projeknya klo boleh kirim ke email saya komangwisnawa@gmail.com makasi mas

    ReplyDelete
  2. Bagus nih berguna,saya bisa minta koding lengkap atmega8535 nya gak min? Saya mau coba nih

    ReplyDelete
  3. Bagus nih berguna,saya bisa minta koding lengkap atmega8535 nya gak min? Saya mau coba nih

    ReplyDelete

MAGANG DI DAIHATSU KYUSHU JEPANG

Ohayou gozaimasu… Konnichiwa… Konbanwa… bagi minnasan semuanya, gak kerasa ya udah lama banget gak posting dimari. Ini blog udah k...