Wednesday, November 7, 2018

AGAMA NASRANI


Agama Nasrani
1.    TANAH ASALNYA
Istilah Nasrani berasal dari nama kota Nazareth, yaitu desa ketjil jamg terletak dikaki sebuah bukit. Dalam bahasa Arab disebut nasirah. Rumah2 pendudukja dibangun dari batu2 putih, karena itu kota Nazareth disebut kota putih.
Djarak Nazareth ke Jerussalem kira2 55pal, tapi waktu itu hanja keledailah sebagai alat pengangkut jang tjepat.keramaian kota2 besar tidak mengganggu ketenangan desa rumah suci jang bersedjarah baik orang islam maupun orang Kristen dan yahudi.
Jesus dianggap berasal dari Nazareth,djadi nama jang dibawaja nanti dinamakan orang agama Nazareth.orang Arab dinisbatkan atau dinasabkan dari kata2 Nasirah.
Agama ini dinamakan djuga agama Kristen (Christen) jaitu diambil  dari nama Nabinja Jesus Christus, gelar kehormatan keagamaan dari buat Jesus dari Nazareth pembawa agama ini. Kristus ialah bahasa Junaninja,dari perkataan Messias dalam bahasa Ibrani yang berarti diurapi. Istilah ini berasal dari kebiasaan Israil kuno yang tidak memeahkotakan raja2, tetapi mengurapinya. Pengangkatan penghormatan raja2 ini dilakukan atas perintah Jahwe Tuhan dari bangsa Israil. Karena harapan2 dari bangsa2 Israil, istilah Messias ini lambat laun mendapat arti yang khusus.
2.    RASUL YANG MRMBAWANYA
Rasul yang membawa agama ini ialah Isa Al Masih alias Jesus Kristus.
Dalam Al Qur’an disebut Al Masih
Dalam bahasa Ibrani disebut Messias
Dalam bahasa Yunani disebut Kristus
Tentang riwayat Isa Al Masih didapati 4 sumber, yang berbeda pandangan satu sama lain yaitu :
a.       Dari segi pandangan bangsa Yahudi
b.      Dari segi pandangan ummat Nasrani
c.       Dari segi pandangan ummat Islam
d.      Dari segi pandangan peradapan dunia atau dunia pengetahuan
Meskipun begitu  kita akan meninjaunya dari ke 4 segi pandangan ini, tetapi  terutama akan ditinjau dari segi pandangan sejarah peradapan dunia. Pandangan ini paling dekat dengan pandangan agama Islam, juga dalam ilmu parbandingan agama,pandangan dunia ilmu pengetahuanlah sebagai criterium yang netral.
Isa Al Masih (Jesus Kristus ) menurut Bunji Indjil (New Tesrament)atau Perjanjian Baru adalah anak Maria (Maryam),dari suku bani Juda (Yahudi) dan berasal dari keturunan nabi Dawud (David).beliau lahir di Baitillahm (Bethelehem) disebelah selatan Jerussalem di negri Palestina. Asal kampumg halamanya ialah Nazareth diutara Jerrussalem.
Tatkala Isa Al Masih lahir yang memerintah propinsi Judea (Jerussalem) ialah Herodes,dan waktu penyaliban yang memerintah  adalah Pontius Pilatus.
Tentang ayahnya menurut Matius 1 ; 16 ialah Jusuf An Nadjar (Joseph). Dalam Injil Matius ayat 18 dikatakan bahwa Maryam hamil semasa masih bertunangan dengan Jusuf An Najar dan sebelum keduanya bersetubuh. Dikatakan hamilnya dari ruhul-khudus.
Jadi secara biologis Isa Al Masih bukan anak Jusuf An Najar. Hal ini dapat dilihat dalam Injil Lukas 1 :26-38, Dan tentang kelahiranya dapat lihat dalam Injil Lukas :1-20.
Dalam hal ini Injil umumya sesuai dengan Al Qur’an, yaitu Isa Al Masih lahir tanpa ayah, hanya dengan kudrat iradatnya Allah semata-mata. (Al Qur’an surat Ali Imron ayat 45-60)
Isa Al Masih mulai menyebarken agamanya seyelah umur 30 tahun dan hanya selama kurang 3 tahun.
Isa Al Masih mendapat rintangan yang hebat dari kaum bangsa yahudi.dan dituduh sebagai pengacau agama Yahudi. Karena itu Isa Al Msih dituntut hukuman salib, oeh gubernur Romawi diJerussalem yaitu Pontius Pilatus.isa Al Masih ditangkap dan disalib dibukit Golgota.
Menurut Islam yang disali itu bukan Isa Al Masih tetapi orang lain yang diserupakan oleh Tuhan dengan Isa (Surat An Nisa ayat 157).
Dalam Imjil sendiri mengenai penyaliban Isa Al Masih terdapat perbedaan pendapat. Dalam Injil Lukas Surat 23 ayat 26 dan Injil Matius 27:32 dan Injil Markus 15:21 dikatakan bahwa dari siding pengadilan berangkat ke Golgota yamg membawa salib itu mula2 Isa sendiri, kemudian ditengah jalan diganti oleh orang lain bernama Simon dan terus memanggulnya sampai kebukit Golgota.
Sedangkan menurut Injil Yahya 19:17dikatakan dari semula Isa Al Masih membawa salib it uterus tanpa diganti2 hingga dibukit Golgota.
Dalam dogmatik masa kini halaman 191 dikemukakan :
Jesus Kristus telah disalibkan , ia telah mati,telah dikuburkan, ia telah dibunuh,disalib senagai seorang penjahat yang terkutuk ia telah mati,mengalami hukuman Allah atas dosa. Ia telah dikuburkan,nista yang paling hebatpun telah menimpanya bila ia diserahkan diserahkan kepada kebinasaan dalam liang kubur.
……….dari kaju salib itu terdengarlah doa : Bapak,ampunilah mereka,sebab mereka tidak tahu apa yang diperbuat mereka (Lukas 23:34)
Dan doa itu dikabulkan oleh Allah . salib itu ada sangkut pautnya dengan neraka tetapi juga dengan surga. Dia yang binasapun dikayu salib itu,Ia telah memperjuangkan kemenangan agung buat umat manusia. Justru dikayu salib ia adalah pemenang. Dikayu salib dihabisinya kuasa kegelapan, justru ketika Ia binasa oleh kekuasaan itu. Sebab itulah ia telah datang, untuk memusnahkan segala pekerjaan iblis. Mengenai kepergian Isa Al Masih diantara umat Islam ada dua pendapat.
1.Menganggap Isa diangkat Tuhan kelangit dan masih sampai sekarang.
            2.Menganggap Isa sudah wafat, seperti manusia biasa.
Mereka yang menganggap Isa diangkat kelangit beralasan dua ayat Al Qur’an surat Ali Imron  ayat 55 yang artinya
,,Ingatlah ketika Allah berkata, Hai, Isa ! Sesungguhnya Aku wafatkan engkau dan meninggikan derajat engkau kepadaKU, membersihkan engkau daripada orang2 kafir dan menjadikan orang yang mengikut engkau lebih dari pada mereka yang kafir hingga akhir kiamat. Kemudian kepadaKulah kamu semua akan kembali, lalu Aku hokum diantara kamu tentang perkara yamh kamu perselisihkan.”
            Dan surat An Nisa’ ayat 158 yang artinya :
             “Tetapi yang sebenarnya Allah mengangkat Isa itu kepadaNya. Allah Maha Besar dan Maha Bijaksana .”
Mereka menganggap “rafaa” disini ialah mengangkat Isa kelangit dan mutawafika artinya menidurkan .
Menurut pandangan Islam, tentang penyaliban adalah sebagai berikut :
Yang disalibkan itu bukan Isa Al Masih, tetapi orang lain yang keliru menangkapnya.
Menurut musafir Islam, yang ditangkap itu ialah Judas, sebab laskar rumawi belum mengetahui rupa  Isa yang sebenarnya.
Tatkala serdadu Rumawi menangkap Judas, Isa menyelinap ketempat yang mereka tidak ketahui.
Dalam ayat lain Al Qur’an mengemukakan : ,,wama qataluhu wama shalabuhu walakin sjubiha lahum “ artinya : ,,Bukanlah mereka membunuh Isa Al Masih, tidak pula menyalibnya tetapi yang mereka bunuh dan mereka salib itu ialah seorang diserupakan Tuhan pada pandangan mereka dengan Isa Al Masih.
Mengenai Isa Al Masih dalam kitab Al Qur’an dapat dilihatpada surat abb.:
1.      Ali Imron 58-59
2.      An Nisa’ 171
3.      Al Maidah 72, 73, 74, 75, 76, 77, 116 dan 118
      3.KITAB SUCINYA
Kitab sucinya ialah Injil yang diturunkan Allah kepada Isa Al Masih guna menjadi tuntunan bagi Bani Israil. Injil dalam bahasa Yunani disebut Evangeli, asal Evangelion. Dalam bahasa latin = Evangelium berarti kabar gembira .
      Pertama kali artinya berita tentang kedatangan juru selamat.tetapi sekarang Injil berarti kitab2 , yang memuat ajaran2 Isa Al Masih dan cerita2 mengenai beliau.

Injil yang diakui resmi oleh dunia Kristen sekarang ini ada 4 buah :
1.      Injil Matius terdiri dari 20 surat
2.      Injil Maekus terdiri dari 16 surat
3.      Injil Lukas terdiri dari 24 surat
4.      Injil Yahya terdiri dari 21 surat
  Keempat Injil ini ditambah dengan kitab2 Taurat. Tetapi sekarang Injil disebut kitab “Perjanjian Baru” atau Wasiat Baru. Dalam bahasa Asing disebut  New Testament.
Sampai pertengahan abad II Masehi, Injil itu belum tersusun seperti sekarang. Yang hanya berupa catatantentang ajaran dan cerita tentang Isa yang dipegang oleh masing2 jamaah Nadrani pada masa itu.
Tentang bilakah disusun dan ditulisnya kitab Injil yang empat ini, orang2 Kristen banyak yang berselisih pendapat. Ada yang mengatakan bahwa Injil ditulis pada bagian kedua dari setengah abad pertama : ada yang mengatakan bahwa Injil ditulis pda tahun 37 Masehi.; ada pula yang mengatakan pada tahun 64 M. dan sebagian besar mengatakan bahwa Injil pada tahun 98 M.
Bible kitab suci orang Kristen, itu terdiri atas dua bagian :Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, yaitu Taurat dan Injil. Yang pertama memuat 39 bagian,yang kedua 27 bagian. Bagian itu lazimnya disebut kitab2 (bahasa Yunani : biblia ).
Perjanjian Lama member kesaksian tentang Allah yang sudah menyatakan dirinya dengan berfirman dan bertindak untuk menyelamatkan umat Israil. Sebagian besar dari isinya mula2 diserahkan turun temueun secara lisan.sedari zaman  raja Dawud abad ke X sebelum Masehi,bahkan itu berangsur-angsur  dikumpulkan, dicatat,disusun dan disadur menjadi kitab2. Perjanjian Lama sampai sekarang masih merupakan kitab suci bangsa Israil (Yahudi),hamper seluruhya tertukis dalam bahasa Ibrani yang terdiri dari tiga bagian : Pertama Thora , kedua Nabiin, artinya nabi2 dan yang ketiga Kutubin artinya tulisan2 , yakni Mazmur Amsal,Ajub’,Rut,Ratapan,Daniel, Ezra-Nehemia, Tawarich.     
Kitab perjanjian baru dalam bahasa Yunani, terbit antara tahun 50 dan 100 sesudah Masehi (yang pertama ialah surat2 Paulus). Isinya ialah pekerjaan tentang Jesus Kristus terutama keempat kitab Injil, sejarah terjadinya Gereja (kisah perbuatan para rasul).
Uraian2 tentang iman dan hidup secara Kristen (surat2) dan sebuah kitab penghiburan yang menggambarkan kedatangan kerajaan Allah (Wahyu).
       Beberapa abad aeaudah Masehi, Gereja mensahkan kanon , yaitu daftar kitab2 yang isinya diakui sebagai ukuran bagi iman dan hidp Kristen, dalam pada urutannya diubah dan disesuaikan dengan sejarah keselamatan.
Naskah aslinya tidak ada lagi, tetapi turunan-turunan yang sangat tua masih ada misalnya digua Palestina.
Kesimpulan: setelah melihat kenyataan-kenyataan diatas maka kita dapat memberikan ulasan tentang kitab-kitab Injil sebagai berikut:
Kitab-kitab injil itu sama sekali tak sama dengan al-quran tentang kemurnian atau keasliannya.
Kalau al-quran ditulis pada waktu Nabi Muhammad masih hidup oleh para  sekertaris beliau dan para sahabatnya disuruh mengahafalkannya. Waktu penyalinan al quran yang kedua kalinya yang dikerjakan dizaman khalifah Usman bin Affan, disalin kepada empat buah naskah, sedangkan para penulisnya ialah mereka yang dahulunya menjadi sekertaris nabi juga.
Tetapi injil ini ditulis bukan zaman nabi isa hidup, karena dimasa hidupnya ia dan murid-muridnya selaku dikejar-kejar oleh orang yahudi dan romawi.
Firman Tuhan yang turun beliau yang jelas menjadi hafalan bagi murid-murid beliau tidak pula ada beritanya, palagi sebagi naskah atau mashaf yang tertulis, sekiranya ada yang demikian itu tidak akan banyak injil yang kita dapati sekarang, cukup sejam saja, sesuai dengan aslinya apa yang diturunkan allah kepada Nabi isa a.s  
Adapun injil yang ada sekarang yang terdiri dari empat buah buku itu, sedikitpun tidak memuat firman kepada nabi Isa, hanya itu saja, tetapi beberapa buah bahkan menurut cerita ada ber puluh-puluh buah. Hal ini memang diakui juga oleh Johana dachir injil karangnya, tetapi sebagian besar mereka telah lupa dan sebagaian lagi memang telah diputuskan oleh muktamar Kristen untuk dihapuskan, seperti injil barnaba, malah orang yang membacanya dianggap berdosa oleh mereka.
Apakah sebenarnya maka injil bernaba dilarang, tidaklah ada keterangan yang jelas, padahal penulisnya ialah murid nabi Isa sebenarnya. Tetapi jika injil barnaba ini dibaca, maka nampaklah disana ada unsure-unsur agama samawi yang asli, yaitu tauhid, jauh berbeda dengan injil-injil yang lain. Dan injil barnaba ini sesuai hingga mendekati keseluruhannya dengan al-qur’an dan menghilangkan jurang perbedaan yang dibuat oleh paulus.
4.    RASUL-RASUL NASRANI.
 Perketaan rasul-rasul dalam bahasa yahudi dan umumnya. Orang barat sekarang ialah apostel. Yang dimaksud para rasul ialah 12 orang pengikut pertama Isa al masih seperti tersebut dalam injil matius 10:2-4, injil marku 3:16-19, injil Lukas 6: 14-16 dan kitab kisah rasul-rasul 1-13.

1.    Simon alias Petrus
2.    Andrias
3.    Yakub bin zabdi
4.    Yahya bin zabdi
5.    Philipus
6.    Bartolomius
7.    Tomas
8.    Matius
9.    Yakub bin alpius
10.     Tadius
11.     Simon (orang kanani)
12.     Yudas iskariot.

Selain dari sahabat-sahabat tersebut terdapat pula 70 rasul yang dikatakan bahwa al masih telah memilih dan mengirim mereka untuk mengajarkan agama masehi. Disamping itu terdapat lagi 120 orang yang kepada mereka petrus berpidati, kemudian mereka dipenuhi dengan ruh kudus dan seterusnya menyebarkan agama masehi. Dengan perantaraan mereka yang 12 orang terpilihlah dengan cara undian pengganti dari yudas penghianat. Undian jatuh kepada matias dan sempurnalah bilangan 12 orang itu.
Selain ke 12 rasul ini dianggap juga sebagai rasul utama ialah paulus uang didalam injil juga dinamakan sam. Meskipun paulus sendiri bukan murid isa al masih, tetapi rasul paulus ini sampai sekarang paling dihargakan dalam gerja nasrani.
Dari 12 murid isa al-masih itu ada dua orang yang dianggap sebagai penyusun injil yahya bin zabdi dan matius.
Dari ke 12 orang itu seorang dianggap gugur kerasulannya, karena mengkhianati isa, yaitu yudas iskariot. Nanti kedudukannya diganti oleh orang yang bernama matius atas dasar undian. Tentang rasul paulus kita bicarakan agak panjang, karena kedudukkannya sekarang terbukti melampui rasul-rasul yang lain dimata nasrani.

5.    AGAMA MASEHI DALAM PANDANGAN ORANG-ORANG MASEHI
Pembicaraan tentang agama masehi dewasa ini memerlukan mengenal pendiri agama ini dan peletak dasar-dasarnya serta pelukis aturan-aturannya, yaitu saul yang kemudian dinamakan paulus sebagaimana tersebut diatas.
Keterangan tentang paulus ini adalah sebagai kunci untuk mengetahui agama nasrani.
Saul (paulus) sebagai disebutkan dalam kutipan tulisan –tulisannya tentang dirinya atau muridnya Lukas, ia berkata: saya yahudi farisi bin faris atas harapan bangkitnya maut. Telah kamu dengar lebih dahulu dalam agama yahudi bahwa saya adalah seorang yang menyiksa gereja tuhan secara melampaui batas, dan merusakkannya dan bahwa saya maju dalam agama yahudi lebih dari pada teman-teman sebangsa saya yang sangat cemburu mengenai tradisi nenek moyang saya.
Saul rela dibunuhnya orang masehi, ia menyerbu gereja memasuki rumah-rumah dengan menarik laki-laki dan perempuan serta diseraahkannya mereka kepenjara dan selalu ia mengancam pembunuhan terhadap murid-murid tuhan. Ia berjumpa dengan kepla pendeta dan meminta kepadanya surat-surat untuk ke Damaskus sepaya kalau dijumpainya rombongan-rombongan yang mengikuti  rombongan agama ini baik laki-laki maupun perempuan agar di bawanya terikat ke jerussalem.
Dan mengenai masuknya paulus kedalam agama masehi Lukas berkata: diwaktu paulus berada didekag Damaskus, tiba-tiba memancar disekitarnya cahaya dari langit turun kebumi dan ia mendengar suara berkata kepadanya: saul! Saul! Kenapak lau menyiksaku ? maka ia berkata : siapakah engkau , tuanku? Tuhan berkata : saya Yesus yang kamu siksa. Ia berkata dengan gemetar dan kagum : hai tuhan. Apakah yang akan engkau perbuat? Maka tuhan berkata kepadanya ………….. bangun dan berpeganglah pada agama masehi.
Lukas berkata pada achir cerita ini sebuah kata yang berarti, yang mengubah muka sejarah yaitu, semenjak itu ia menyebarkan didalam pergaulan-pergaulan tentang al masih dan bahwa ia anak tuhan. Perkataan ini belum diketahui, sebelumnya, maka menjadi titik-titik peralihan dalam agama masehi.
Demikianlah paulus memasuki agama masehi serta jadi guru dari agama ini. Dengan cara demikianlah sempurna agama yang dipercayai oleh satu kaum lain dianggap cerita yang membuatnya tidak pandai menyusunnya.
Hal ini menimbulkan satu soal yang tajam sekali yaitu : bagaimanakah saul mempelajari agama masehi? Siapakah guru-gurunya tentang agama masehi.
Dia berkata : saya memberitahukan kepada saudara-saudara bahwa injil yang saya tablighkan itu tidaklah menurut perhitungan manusia sebab saya tidak menerimanya dari manusia dan saya tidak diajarkan tetapi adalah ilham langsung dari yesus al masih.
Demikianlah saul yang sesudah menjadi orang masehi bernama paulus melakukan peranan. Dia tidak pernah melihat al masih, tidak pernah mendengarkannya bercerita, tetapi dia mengatakan adanya hubungan langsung antara dia dengan al masih.
Berry berulang-ulang mengatakan bahwa agama masehi yang sekarang adalah agama masehi paulus.
Berry berkata : Isa adalah seorang yahudi dan dia tetap demikian selama-lamanya. Tetapi saul membentuk agama masehi itu atas nama Isa. Saullah sebenarnya pendiri agama masehi. Paulus memasukkan kedalam agamanya beberapa ajaran yahudi untuk menarik orang yahudi. Begitu pula ia memasukkan gambaran-gambaran filsafat yahudi untuk menarik orang-orang yahudi. Ia menyiarkan bahwaIsa adalah penyelamat, pembalas dan tuan “ Lord” yang dengan mencapai keselamatan.
Dan sengaja pula untuk menarik para terpelajar meminjam dari failaduf-failasuf yahudi, teristimewa dari failasuf philo tentang hubungan tuhan dengan bumi dengan perantarannya al kalimat kalimat “ the logos” atau anak tuhan “the son of god atau “the holy ghost” bayangan yang suci.
Sari ajaran paulus ialah :
1.    Agama masehi bukan hanya untuk orang yahudi saja tetapi untuk seluruh bangsa.
2.    Tri tunggal tiga tuhan satu termasuk ketuhanan al masih dan ketuhanan ruh kudus.
3.    Wujud isa sebagai anak tuhan dan turunnya ke bumi untuk mengorbankan diri menebus dosa manusia.
4.    Isa bangkit dari alam maut dan naik ke langit untuk duduk dikanan  ayahnya memerintahkan manusia.
Dari sari ajaran paulus itulah diletakkan dasar-dasar tekad agama masehi dewasa ini yaitu:
1.    Ketuhanan yang tiga/tri tunggal (trinitas)
2.    Anak yang berupa badan yang mencul dalam rupa anak adam, dilahirkan sebagai penembus dosa yang dilakukan oleh bapak manusia adam.
3.    Tuhan bapak menyerahkan kepada tuhan anak pertimbangan dosa-dosa manusia, karena ia pada satu ketika muncul dalam rupa manusia, lebih dekat mempertimbangkan soal-soal manusia.
6.    TRITUNGGAL (TRINITAS)
Rahasia allah tritnggal yang kudus ini adalah merupakan pokok kepercayaan agama masehi. Untuk mengetahui masalah ini baiklah kita kutip dari buku pengajaran gereja khatolik terjemahnya katekimus jerman oleh P. Wahjo O.F.M pada halaman 101-102 sbb:
Bapak putra dan roh kudus adalah tiga pribadi. Kedua pribadi itu sudah mewahyukan dirinya pada permandian yesus. Bapak telah mengutus putera kedunia: putra telah menjadi manusia dan telah menebus dosa kita, roh kudus telah turun atas gereja dan mensucikan kita. Kita telah dpermandikan atas nama bapak, putera dan roh kudus.
Ketiga pribadi itu masing-masing adalah sungguh allah seperti bapak demikian putera dan roh kudus adalah maha kudus dan maha kekal. Karena itu bapak, putra dan roh kudus disembah dan dimuliakan yang sama. Tetapi pribadi itu hnyalah satu allah saja, mempunyai satu pengetahuan ilahi, satu kehendak ilahi, satu kehidpan ilahi dalam kebahagiaan yang tak terhingga. Allah yang esa dalam tiga pribadi itu kita sebut allah tritunggal yang maha kudus.
Kebenaran Allah yang esa dalam tiga pribadi itu adalah rahasia iman kita yang paling besar, kita tidak dapat memahaminya, untuk itu diperlukan akal ilahi. Akal kita belum lagi dapat memahami semua ciptaan yang kelihatan dan yang tak kelihatan, apalagi mau menduga Allah. Kita tak akan mengetahui, bahwa dalam Allah itu ada tiga pribadi sekiranya kritus tidak mewujudkan rahasia itu kepada kita. Demikian menurut pengajaran gereja khatolik.
Didalam buku inti sari iman Kristen halaman 88 bab 35 tentang tritunggal a.i dikemukakan:
Didalam al kitab dan didalam iman rasul dikatan tentang Allah bapak, tentang yesus kristus dan tentang ruh kudus. Itu sekali-kali tidak berarti, bahwa kita percaya kepada tiga tuhan. Bersama-sama dengan umat israil gereja mengakui bahwa hanya ada satu allah yang esa adanya.
Tetapi Allah yang esa itu memperkenalkan dirinya sebagai Allah diatas kita (Allah bapak) sebagai allah beserta kita (yakni didalam yesus kritus). Ketiga-tiganya tidak dapat dipisah-pisahkan satu sama lain, namun dibeda-bedakan juga. Itulah yang dimaksudmkan dengan istilah tritunggal. Dengan istilah itu sekali-kali tidak dimaksudkan bahwa kita sanggup memecahkan rahasia tentang diri Allah. Hakikat Allah tak dapat ditangkap dengan akal budi manusia atau diterangkan dalam satu rumus.
Demikianlah pengertian mengenai tritunggal :


7.    SEJARAH PERKEMBANGAN GEREJA
Orang nasrani sendiri menanamkan agamanya dengan istilah “gereja kritus”
Istilah gereja asalnya dari bahasa protugis yaitu igreja” (igredja) yang berasal dari bahasa yunani “exclesia” yang berarti terkeluar. Maksudnya jemaah nasrani dipanggil  keluar dari dunia untuk menjadi milik tuhan.
Gereja Kristen itu mulai timbul ditengah bangsa yahudi banyak menyimpang dari pelajaran taurat.
Nabi Isa sebenarnya bukan membawa syariat baru tapi adalah sama dengan nabi musa, yaitu agama yahudi dengan memperbaiki keagamaan bangsa yahudi.
Kitab suci yang menjadi sandaran waktu itu tetap juga taurut (perjanjian lama). Pelajaran Nabi isa itu lah dinamakan injil. Pada hakikatnya kitab injil adalah lanjutan dari taurut mengenai syariatnya, takkala nabi isa telah menghilang maka oleh muridnya dibentuk suatu jemaah nasrani di jarusalem, diketahui oleh petrus dan Jacob.
8.    TERBAGI KEPADA BEBERAPA GOLONGAN
Pertentangan pendapat tentang ketuhanan yesus dan tabiat kejadian Al masih telah menimbulkan beberapa mazhab dikalangan agama nasrani. Mazhab-mazhab itu antara lain ialah :
1.    Maz-hab Nasthurijah
Mazhab ini berpendapat bahwa isa bin maryam seorang manuis, hanya dengan kencintaan saja bersatu dengan bapak. Apabila dikatakan bahwa dia adalah anak tuhan, pada hakekatnya bukanlah demikian tetapi hanya secara kiasan saja (majazi).
2.    Maz-hab malkanijah
Mazhab ini berpendapat bahwa maryam melahirkan seorang tuhan, yaitu yesus al masih. Dia dengan bapaknya dalam ketuhanana dan dia dengan manusia dengan tabiat kemanusiaan. Mereka menyaksikan bahwa al masih adalah dua tabiat satu oknum dan satu muka.
3.    Maz-hab jacobijah
Mazhab ini berpendapat, bahwa sesungguhnya ketuhanan dan kemanusiaannya itu bergabung dalam satu tabiat, yaitu al masih. Juga mereka berpendapat sesungguhnya allah itu ialah al masih semata-mata. Mazhab ini biasa pula disebut mazhab gereja Alexandria.
Disebut jacobiyah karena dikembalikan kepada penyerunya yang tangkas ialah Jacob al bairazi.
Demikian mazhab-mazhab yang terdapat dikalangan masehi mengenai kepercayaan mereka terdapat tabiat al masih .
Tiga mazhab tersebut ialah nistori, malkani, dan Jacobi, ditambah lagi dengan mazhab yang ke empat yaitu bernama yahya maron yang dikembalikan kepada seorang laki-laki bernama yahya maron yang menyerukan pada tahun 667 M. bahwa almasih mepunyai keinginan yang satu karena bertemunya kedua tabiat itu dalam satu oknum. Patriah-patriah tidak menerima, pendapat ini, mereka menunjukkan kepada emporer supaya mengadakan perundingan, maka diadakan  perundingan di konstantinopel tahun 680 yang mengambil keputusan bahwa al masih mempunyai dua tabiat dan dua keinginan. Siapa berkata selain dari pada itu dikutuk (keputusan ini merupakan jawaban atas mazhab maroni)
Komperensi-konperensi yang pernah diadakan untuk memecahkan masalah tritunggal a.l ialah :
1.    Konperensi nicea tahun 325 konperensi kedua dikonstantional dan Negara roma timur resmi menganut Kristen. Pada konperensi kedua ini diputuskan bahwa : tuhan anak dan roh kudus sama-sama dengan bapak dalam satu ketuhanan. Bahwa anak adalah putera yang asli dari bapak dan roh kudus memancar dari Bapak.
2.    Konperensi ktiga diadakan di Chalcedon tahun 451. Dalam siding ini telah dapat dipersatukan seluruh faham, tetapi pada tahun 589 diaadakan pula konperensi keempat di telodo, disitu saja diputuskan bahwa : roh kudus tidak hanya  memancarkan dari Bapak tetapi juga dari anak.
Pendapat diatas itu disetujui oleh gereja-gereja latin (yang muncul menjadi roma khatolik) tetapi gereja yunani yang mulanya diam saja akhirnya menentang putusan tambahan telodo dan menganggap bahwa putusan itu bid’ah.

Golongan –golongan yang terkenal yang masih tinggal hingga kini ialah :
1.      Khatolik : gereja mereka dinamakan gereja khatolik atau gereja barat atau patriah atau rasuli. Artinya khatolik jelata umum, sebab ia mengaku bahwa ia ibu dan guru dari gereja-gereja dan oleh karena ia sendiri aja yang menyebarkan agama masehi diseluruh dunia. Dinamakan ia gereja barat atau latin karena luas pengaruhnya terutama dibarat latin, yaitu dinegeri-negeri iatlia, balgia, perancir, spanyol, dan protugis sekalipun ia mempunyai pengikut dilain-lain tempat. Dinamakan gereja partiah atau gereja rasuli karena pengikut-pengikutnya mendakwahkan diri bahwa pendiri-pendirinya yang terutama adalah petrus yesus rasul, sahabat yang terbesar serta tertua dari sahabat-sahabat dan pope (paus) di roma adalah kalifah-kalifahnya.
2.      Orthodox : gereja ini dinamakan gereja roma orthodox atau gereja yunani oleh karena kebanyakan pengikutnya diromawi timur dan dari negeri-negeri timur seperti Rusia, Balkan dan yunani. Pusat asalnya  adalah konstantions dan dari gereja katolik dimasa Michael karolarius, partiah konstantionopel tahun 1054 dan sekarang ia terdiri dari gereja-gereja merdeka. Gereja khatolik roma tetap dikepalai oleh paus dan berpusat  ri roma. Gereja ortodok yunani tidak berpusat pada satu kota, tetapi masing-masing negeri punya pusat sendiri-sendiri dan kepalai oleh seseorang partiah.
3.      Protestan : gereja mereka dinamakan gereja injil. Maksudnya dari nama menunjukkan bahwa pengikut-pengikutnya mengikuti injil semata-mata. Dengan nama ini mereka menentang gereja lain yang menganggap pengertian injil adalah menurut pendapat orang-orang gereja dan tidak menganggap injil itu satu-satunya sumber untuk agama masehi bahkan mereka menambahkan padanya pelajaran-pelajaran yang tidak tercantum didalamnya yang ditambahkan oleh pope-pope.
Prostetan tersiar di jerman inggris, Denmark, belanda, swis norwegia dan amerika utara.
Adapun timbulnya agama protestan ialah karena gereja khatolik roma mengalami terus menerus perselisih. Para paus lama kelamaan berkuasa seperti raja-raja dunia, memegang kekuasaan, kekayaan dan bersaingan dengan raja-raja sunia lainnya. Ini menerbitkan reaksi dari umum. Timbulnya gerakan menentang ulama-ulama Kristen. Ini makin lama makin menjadi-jadi dengan pengaruh pemikiran baru (renaissance dan humanism). Puncak krisis gereja khatolik roma ialah pada paus leo X yang menganjurkan penjualan surat-surat penebusan dosa besar-besar untuk mengisi kas gereja.
Hal ini ditentang oleh seorang rahib yang bernama luther. Gerakan penyokonga luther dinamakan reformasi. Dua tokoh lain yang sama besarnya dengan luther adalah “Zwingli dan Kalvin”. Golongan reformasi disokong oleh raja-raja jerman sedang paus disokong oleh kaisar karel V. pada rapat kerajaan 1529 kaisar memaklumkan bahwa gerakan reformasi dilarang.
Penyokong reformasi menyampaikan protes terhadap putusan rapat itu.
Karena protes ini, mereka dinamakan kaum protestan. Sejak waktu itu kaum protestan secara resmi sudah keluar dari gereja katolik dan berdiri sendiri. (1529)
Perbedaan-perbedaan.
Perbedaan-perbedaan yang nyata antara khatolik dan protestan ialah:
a.    Protestan member kebebasan kepada para pengikutnya untuk menyelidiki dan memahamkan injil walaupun sampai kepada hak-hak yang mengenai kepercayaan.
b.    Roma khatolik menganggap bahwa paus dan para pendeta adalah orang-orang yang diibadati karena itu mereka berhak menerima penebusan dosa dari seseorang dengan pembayaran yang disukainya, sedang protestan menentangnya.
c.    Khatolik mengorganisir seluruh gereja khatolik dan semua penganutnya tunduk kepada iman (paus) di roma sedang protestan tidak.
d.   Khatolik melarang para iman atau pendeta-pendeta untuk kawin sedang protestan tidak.
e.    Orang-orang protestan mnolak ajaran khatolik yang mengannggap roh dan anggur dalam pertamuan suci benar-benar akan menjadi tubuh dan darah yesus kristus.
f.     Hak antara orang biasa dan iman dalam pertamuan suci (missa suci)bagi kaum protestan sama.
Adapun mengenai kepercayaan tentang tritunggal, tantang ketuhanan isa, tentang kedatangannya untuk menebus dosa segenap manusia, tentang ia disalib, antara khatolik dan protestan tidak ada perbedaan pendapat.
Mazhab-mazhab dalam gereja prostestan.
Dalam zaman yang sama luther, Zwingli dan kalvin bersama-sama menentang khatolik. Diantara ke 3 tokoh itu sendiri terdapat perbedaan-perbedaan tertentu, sehingga mereka merupakan 3 mazhab yang berdiri sendiri.
Perbedaan-perbedaan :
1.    Bagi luther dalam pertamuan suci roti dan anggur tercampur dengan tubuh dan darah kristus bersama-sama (dua zat).
2.    Bagi Zwingli roti dan anggur dalam pertamuan suci, dianggap lambang semata-mata, tanda persaudaraan anggota jamaah.
3.    Bagi kalvin tidak seperti luther (bercampur)juga tidak sperti Zwingli (hanya lambang saja) tapi baginya : apa yang terjadi secara lahir dalam pertemuan itu terjadi pula secara rohani antara hadirin dengan yesus.
Di inggris terdapat pula aliran gereja tersendiri, yang dinamai anglikan. Gereja ini dalam fahamnya sama tengah antara khatolik dan protestan. Gereja anglikan bersifat episkopal, yaitu dipimpin oleh seorang uskup, seperti yang terdapat dalam gereja oetodox.
9.    IBADAT DAN UPACARA –UPACARA AGAMA
Upacara-upacara keagamaan antara lain ialah SAKRAMEn, yaitu perbuatan dan perkataan suci yang diadakan oleh kristus, untuk memberikan rahmat yang ditandakannya.
Dalam agama khatolik ada tujuh sakramen yaitu:
1.    Pemandian (pembaptisan kristus = dikristenkan)
2.    Penguatan ( kesentausaan = minta diberi doa kuat imannya)
3.    Ekaristi (tamuan suci dengan roti pahit, dan anggur)
4.    Pengakuan dosa
5.    Perminyakan suci (kalau orang akan mati, pendeta dating dan orang itu dileleti minjak dengan harapan mati dalam kesentausaan dan akan mendapat ampunan yesus kritus).
6.    Keimanan/ imamat sakramen yang memberikan orang dipanggil kekuasaa untuk melanjutkan imamat kristus. (imamat kudus diberikan dengan penumpangan tangan diatas kepala dan doa uskup. Selain itu diserahkan kepada orang tahbisan tanda-tanda kekuasaan dan martabatnya).
7.    Sakramen perkawinan; sakramen yang membuat seorang laki-laki dan seorang perempuan bersatu dalam cinta kasih, untuk membentuk suatu keluarga Kristen dengan pertolongan rahmat tuhan.
a.       Pertemuan suci
b.      Pembaptisan (penguatan)
Keterangan :
Kata “membaptisan” artinya membasahi, menyelamkan, membasuh, pembaptisan melambangkan pembersihan dari dosa. Ingatlah pembaptisan yang (matius 3: 13-17).
Maksudnya : pembaptisan itu menandakan, bahwa  diri seseorang yang disebut manusia lama, mati bersama-sama kristus, agar bangkit pula bersama dia sebagai manusia baru. Dengan kata lain tuhan member jaminan yang senyata-nyatanya, bahwa seseorang itu termasuk pada perjanjian baru, yang didirikan dibukit golgota. Sebab itu disebut tanda dan materai dari perjanjian kudus.
Roti dan anggur yang dipergunakan pada pertemuan itu hanyalah bahan-bahan biasa, dan tetap tinggal roti dan anggur itu, maka sama seperti baptisan kudus, sakramen ini pun merupakan firman yang kelihatan. Roti yang dipecahkan itu menandakan tubuh kristus yang dibinasakan karena manusia, dan anggur itu menandakan darahnyayang ditumpahkan karena kita.
Pertamuan tuhan ini akan terus dirayakan hingga ia dating (1 korintus 11:26). Persekutuan dengan kristus dan dengan saudara-saudara kita, sebagaimana dialami pada pertamuan kudus, menbayangkan persekutuan sempurna yang akan diwujudkan pada pertamuan agung kelak (wahyu 19: 6-9).
10.    HARI-HARI BESAR KRISTEN
1.    Hari natal yaitu lahir isa al masih tanggal 25 desember
2.    Hari wafat isa al masih tanggal 31 maret
3.    Paskah kedua tanggal 2
11.    ASJDAGD
1.      Hari Natal yaitu hari lahirnya Isa Al Masih tamggal 25 Desember.
2.      Hari wafatnya Isa Al Masih tanggal 30 Maret.
3.      Paskah kedua pada tanggal 2/3 April. Menurut kepercayaan orang Kristen nahwa setelah ia disalib terus dikubur , tiga hari lagi ia bangkit dari kuburnya, karena sebenarnya ia tidak mati dan menampakkan dirinya pada murid2nya.
4.      Mieaj Isa Al Masih tanggal 2 Mei. Menurut orang2 kenyakinan orang2 Kristen setelah 40 hari ia bangkit dari kuburnya lalu ia naik kelangit (Mi’raj).
5.      Pantekosta yaitu hari kelima puluh setelah pasjah kedua.
Semua upacara hari Raya Kristen ini , berbeda dengan upacara dalam agama Yahudi. Hari raya dan upacara dalam agama Yahudi mulai dari paskah dan sebagainya, memang dituntunkan asalnya dari nabi Musa a.s kecuali perayaan yang bersangkutan dengan Naitul Muqoddas. Sedangkan upacara2 agama Kristen hanya dibuat oleh orang2 Kristen jauh dibelakang Nabi Isa a.s.


PANDANGAN ISLAM DAN ULASAN
1.TRITUNGGAL : menurut pandangan Islam bahwa pelajaran yang asli yang diberikan nabi Isa a.s adalah  Tauhid, jelas tertulis dalamsabda beliau yang dicatat oleh para pebgang Injil. Sesuat dengan keterangan beliau bahwa : ia datanguntuk merombak hukum2 Taurat, tetapi hendak menegakkan dan mencampurkan inti pokok hokum Taurat ialah perintah yang hokum 10 dan yang pertama ialah Tauhid.
Tetapi orang Kristen telah merombak ajaran Tauhid dengan musryik,mereka mengataklan nabi Isa sendiri anak tunggal dari Tuhan: begitu juga Roh Kudus satu diantara ketiga Tuhan.   
Tritunggal itu dirumuskan mereka sebagai satu Tuhan yang ujud dari kesatuan tiga oknum, yang mereka sebut : Allah Bapa, Allah Anak, dan Ruhul Kudus. Keyakinan2 semacam ini yang dianut oleh gereja2 Roma Katolik, Kristen Timuir (Grik Katolik), dan umumnya orang2 protestant.
Pandangan Islam dalam Tritunggal adalah seperti yamg tersebut dalam surat Al Maidah ayat 72-73, yang artinya : ,,sesungguhya kafirlah yang , mengatakan : bahwa Tuhan itu Al Masih amak Maryam. Dan Al Masih Mengatakan : Hai anak2 Israil sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhan kamu. Sesungguhya siapa yang mrnyekutukan Allah niscaya Allah akan melarangya masuk surga dan tenpatnya dalam neraka. Orang2 yang melanggar aturan itu tidak mempunyai penolong.
Sesungguhnya kafrilah orang2 yang mengatakan bahwa Tuhan ialah ketiga dari tiga. Tidak ada Tuhan selain Allah. Kalau mereka tidak berhenti dari apa yang dikatakanya itu niscaya oeang kafir diantara mereka akan disentuh siksaan yang pedih.”
Tentang ayat2  Al Qur’an yang  berhubungan dengan Isa Al Masih ialah sbb :
Surat Al Maidah ayat 75
Surat Ali Imran ayat 45,48,49
Bilakah nabi Isa dianggap sebagai tuhan ?
(setelah paulus menganut agama Nasrani;dijelaskan ). Beberapa kofrensi yang pernah dikemukakan tersebut diatas telah memutuskan tentang ketuhanan Al Masih, dan memutuskan pula bahwa Ruh Kudus adalah Tuhan juga.
Bandingka dengan Islam : dalam Islam ulama2 mempunyai hak Ijtihad, tetapi hanya dalam hal2 furu’ (cabang). Adapun bilangan sembahyang dan rakaatnya serta ibadat haji dan sebagainya tidak tunduk sepenuhnya pada Ijtihad. Ulama2 dalam Islam tidak dapat mengadakan syariat, yamg berhak hanyalah Allah semata. Orang2 Islam jauh benar dari soal membuat tentang Tuhan dan Allah adalah Tuhan tunggal.
2.peribadatan Nasrani
Dalam agama Islam yamg merjadi peribadatan pokok itu ialah : Salat lima waktu dan berjamaah salat Jum’at,Puasa Ramadhan, Zakat, Haji jika kuasa. Juga dalam agama Yahudi dalam ibaday ialah : salat tiga kali sehari (dengan sholat dan sujud hampir sama dengan Islam sekarang,sedang berjamaah pada hari Sabtu. Puas pada hari Ghafirat Besar dan puasa sunah pada hari Senin/Kamis dan bersunat tanda takluk pada Taurat untuk Bani Israil.

Dalam Islam ada sunah Muakad seperti sholat Idul Fitri, Idul Adha dan macam2 kewajiban lainya. Juga dalam agama Yahudi ada bermacam2 qurban, perayaan tahun Jobel (sekali dalam 50 tahun), Perjamuan Paskah, Perjamuan Pantekosta dan bermacam2 perta setelah pembuangan. Karena Paulus mengajarkan agae tidak takluk pada ajaran Taurat maka peribatan Yahudi diganti dengan peribadatan imam2 Nasrani dengan peribadatan baru sama sekali.
Bersunat diganti denganm pembaptisan (mandi suci) kemudian diadakan perjamuan suci sebagai imitasi perjamuan Paskah Yahudi.
Disini jelas bagi kita, bahwa umat Nasrani tidak mengenal peribadatan pokok yaitu sholat dan puasa seperti dalam agama Yahudi san Islam. Yang dikerjakan dalam agama Nasrani, dalam gereja2 yang sekarang yang kita lihat dewasa ini tidak lain hanya semacam doa umum bersama, atau kalsau dalam Islam doa tahlil, tidak lebih. Soal wudlu dan soal berjamaah atau perorangan dilindungi/dilimgkungi rukun2  peotokoler seperti dalam islam dan Yahudi tidak disertai khotbah2 dalam bentuk  imitasi salat Sabtu dari agama Yahudi, mereka boleh melakukanya hari Minggu dan sepanjang hari Minggu dengan tidak dibatasi waktu.
3.Kitab suci Bibel ; yang menjadi pegangan agama Kristen, tempat mendasarkan semua urusan ialah kitab suci mereka Bibel. Yang dimaksud olrh Bibel ialah kumpulan Perjanjian Lama daqn Perjanjian baru. Yang dinamai Perjanjian Lama seperti yamg telah disebut diatas aalah semua kitab2 , sutrat2, naskah dan catatan Bani Israil, semenjak zaman nabi Musa sampai akan lahirya nabi Isa a.s. Meliputi dari lima kitab itu, kitab Talmud dan beberapa naskah perkabaran dari tarich Nabi2 dan Raja2 Israil. Adapun yang dinamakan Perjanjian Baru ialah semua kitab, naskah surat kiriman dari para penyair Kristen sesudah perginya nabi Isa a.s seperti Injil. Yamg krrmpat itu sampai pada catatan wahyu yang diterima Joanna, sebagai mana yang telah dilihat contoh diatas (dalm bab kitab2 suci) yaitu adanya pertentangan diantara keempat kitab2 Injil satu sama lain, apalagi dengan naskah surat yang bermacam2 itu. Adapun pandangan kita terhadap kitab Bibel itu, ialah sebagai yang diperingatkan nabi Muhammad kepada kita :,,,jangan kamu benarkan begitu saja, dan jangan kamu bohongkan begitu saja”.
4.         Tentang Penyaliban Isa Al Masih dapat dibaca pada sejarah ringkas Isa Al Masih pada permulaan bab ini.


CREDO PARA RASUL
                               I.            1. Aku percaya akan Allah, Bapa yang Maha Kuasa pencipta langit dan bumi.
                            II.            2. Dan Jesus Kristus, Putranya yang tunggal, Tuhan kita.
3.Yang  dikandung  dari Roh Kudus, lahir dari dara anak Maria.
4. Yang menderita dibawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dan dikuburkan.
5. Yang turun ketempat penantian, pada ahri ketiga bangkit dari antara orang mati.
6. Naik kesurga, duduk sebelah Allah Bapak yang Maha Kuasa.
7. Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati.
III.       8.  Aku bertanya pada Roh Kudus.
            9. Gereja yang Kudus, persekutuan para kudus.
10. Pengampunan dosa
11.Kebangkitan badan
12. Kehidupan kekal

No comments:

Post a Comment

MAGANG DI DAIHATSU KYUSHU JEPANG

Ohayou gozaimasu… Konnichiwa… Konbanwa… bagi minnasan semuanya, gak kerasa ya udah lama banget gak posting dimari. Ini blog udah k...