Agama Nasrani
1. TANAH
ASALNYA
Istilah
Nasrani berasal dari nama kota Nazareth, yaitu desa ketjil jamg terletak dikaki
sebuah bukit. Dalam bahasa Arab disebut nasirah. Rumah2 pendudukja dibangun
dari batu2 putih, karena itu kota Nazareth disebut kota putih.
Djarak
Nazareth ke Jerussalem kira2 55pal, tapi waktu itu hanja keledailah sebagai
alat pengangkut jang tjepat.keramaian kota2 besar tidak mengganggu ketenangan
desa rumah suci jang bersedjarah baik orang islam maupun orang Kristen dan
yahudi.
Jesus
dianggap berasal dari Nazareth,djadi nama jang dibawaja nanti dinamakan orang
agama Nazareth.orang Arab dinisbatkan atau dinasabkan dari kata2 Nasirah.
Agama
ini dinamakan djuga agama Kristen (Christen) jaitu diambil dari nama Nabinja Jesus Christus, gelar kehormatan
keagamaan dari buat Jesus dari Nazareth pembawa agama ini. Kristus ialah bahasa
Junaninja,dari perkataan Messias dalam bahasa Ibrani yang berarti diurapi.
Istilah ini berasal dari kebiasaan Israil kuno yang tidak memeahkotakan raja2,
tetapi mengurapinya. Pengangkatan penghormatan raja2 ini dilakukan atas
perintah Jahwe Tuhan dari bangsa Israil. Karena harapan2 dari bangsa2 Israil,
istilah Messias ini lambat laun mendapat arti yang khusus.
2. RASUL
YANG MRMBAWANYA
Rasul
yang membawa agama ini ialah Isa Al Masih alias Jesus Kristus.
Dalam
Al Qur’an disebut Al Masih
Dalam
bahasa Ibrani disebut Messias
Dalam
bahasa Yunani disebut Kristus
Tentang
riwayat Isa Al Masih didapati 4 sumber, yang berbeda pandangan satu sama lain
yaitu :
a. Dari
segi pandangan bangsa Yahudi
b. Dari
segi pandangan ummat Nasrani
c. Dari
segi pandangan ummat Islam
d. Dari
segi pandangan peradapan dunia atau dunia pengetahuan
Meskipun
begitu kita akan meninjaunya dari ke 4
segi pandangan ini, tetapi terutama akan
ditinjau dari segi pandangan sejarah peradapan dunia. Pandangan ini paling
dekat dengan pandangan agama Islam, juga dalam ilmu parbandingan
agama,pandangan dunia ilmu pengetahuanlah sebagai criterium yang netral.
Isa
Al Masih (Jesus Kristus ) menurut Bunji Indjil (New Tesrament)atau Perjanjian
Baru adalah anak Maria (Maryam),dari suku bani Juda (Yahudi) dan berasal dari
keturunan nabi Dawud (David).beliau lahir di Baitillahm (Bethelehem) disebelah
selatan Jerussalem di negri Palestina. Asal kampumg halamanya ialah Nazareth
diutara Jerrussalem.
Tatkala
Isa Al Masih lahir yang memerintah propinsi Judea (Jerussalem) ialah
Herodes,dan waktu penyaliban yang memerintah
adalah Pontius Pilatus.
Tentang
ayahnya menurut Matius 1 ; 16 ialah Jusuf An Nadjar (Joseph). Dalam Injil
Matius ayat 18 dikatakan bahwa Maryam hamil semasa masih bertunangan dengan
Jusuf An Najar dan sebelum keduanya bersetubuh. Dikatakan hamilnya dari
ruhul-khudus.
Jadi
secara biologis Isa Al Masih bukan anak Jusuf An Najar. Hal ini dapat dilihat
dalam Injil Lukas 1 :26-38, Dan tentang kelahiranya dapat lihat dalam Injil
Lukas :1-20.
Dalam
hal ini Injil umumya sesuai dengan Al Qur’an, yaitu Isa Al Masih lahir tanpa
ayah, hanya dengan kudrat iradatnya Allah semata-mata. (Al Qur’an surat Ali
Imron ayat 45-60)
Isa
Al Masih mulai menyebarken agamanya seyelah umur 30 tahun dan hanya selama
kurang 3 tahun.
Isa
Al Masih mendapat rintangan yang hebat dari kaum bangsa yahudi.dan dituduh
sebagai pengacau agama Yahudi. Karena itu Isa Al Msih dituntut hukuman salib,
oeh gubernur Romawi diJerussalem yaitu Pontius Pilatus.isa Al Masih ditangkap
dan disalib dibukit Golgota.
Menurut
Islam yang disali itu bukan Isa Al Masih tetapi orang lain yang diserupakan
oleh Tuhan dengan Isa (Surat An Nisa ayat 157).
Dalam
Imjil sendiri mengenai penyaliban Isa Al Masih terdapat perbedaan pendapat.
Dalam Injil Lukas Surat 23 ayat 26 dan Injil Matius 27:32 dan Injil Markus
15:21 dikatakan bahwa dari siding pengadilan berangkat ke Golgota yamg membawa
salib itu mula2 Isa sendiri, kemudian ditengah jalan diganti oleh orang lain
bernama Simon dan terus memanggulnya sampai kebukit Golgota.
Sedangkan
menurut Injil Yahya 19:17dikatakan dari semula Isa Al Masih membawa salib it
uterus tanpa diganti2 hingga dibukit Golgota.
Dalam
dogmatik masa kini halaman 191 dikemukakan :
Jesus
Kristus telah disalibkan , ia telah mati,telah dikuburkan, ia telah
dibunuh,disalib senagai seorang penjahat yang terkutuk ia telah mati,mengalami
hukuman Allah atas dosa. Ia telah dikuburkan,nista yang paling hebatpun telah
menimpanya bila ia diserahkan diserahkan kepada kebinasaan dalam liang kubur.
……….dari
kaju salib itu terdengarlah doa : Bapak,ampunilah mereka,sebab mereka tidak
tahu apa yang diperbuat mereka (Lukas 23:34)
Dan
doa itu dikabulkan oleh Allah . salib itu ada sangkut pautnya dengan neraka
tetapi juga dengan surga. Dia yang binasapun dikayu salib itu,Ia telah
memperjuangkan kemenangan agung buat umat manusia. Justru dikayu salib ia
adalah pemenang. Dikayu salib dihabisinya kuasa kegelapan, justru ketika Ia
binasa oleh kekuasaan itu. Sebab itulah ia telah datang, untuk memusnahkan
segala pekerjaan iblis. Mengenai kepergian Isa Al Masih diantara umat Islam ada
dua pendapat.
1.Menganggap Isa
diangkat Tuhan kelangit dan masih sampai sekarang.
2.Menganggap Isa sudah wafat, seperti manusia biasa.
Mereka yang menganggap
Isa diangkat kelangit beralasan dua ayat Al Qur’an surat Ali Imron ayat 55 yang artinya
,,Ingatlah ketika Allah
berkata, Hai, Isa ! Sesungguhnya Aku wafatkan engkau dan meninggikan derajat
engkau kepadaKU, membersihkan engkau daripada orang2 kafir dan menjadikan orang
yang mengikut engkau lebih dari pada mereka yang kafir hingga akhir kiamat.
Kemudian kepadaKulah kamu semua akan kembali, lalu Aku hokum diantara kamu
tentang perkara yamh kamu perselisihkan.”
Dan surat An Nisa’ ayat 158 yang artinya :
“Tetapi yang
sebenarnya Allah mengangkat Isa itu kepadaNya. Allah Maha Besar dan Maha
Bijaksana .”
Mereka
menganggap “rafaa” disini ialah mengangkat Isa kelangit dan mutawafika artinya
menidurkan .
Menurut
pandangan Islam, tentang penyaliban adalah sebagai berikut :
Yang disalibkan itu
bukan Isa Al Masih, tetapi orang lain yang keliru menangkapnya.
Menurut musafir Islam,
yang ditangkap itu ialah Judas, sebab laskar rumawi belum mengetahui rupa Isa yang sebenarnya.
Tatkala serdadu Rumawi
menangkap Judas, Isa menyelinap ketempat yang mereka tidak ketahui.
Dalam ayat lain Al
Qur’an mengemukakan : ,,wama qataluhu wama shalabuhu walakin sjubiha lahum “
artinya : ,,Bukanlah mereka membunuh Isa Al Masih, tidak pula menyalibnya
tetapi yang mereka bunuh dan mereka salib itu ialah seorang diserupakan Tuhan
pada pandangan mereka dengan Isa Al Masih.
Mengenai Isa Al Masih
dalam kitab Al Qur’an dapat dilihatpada surat abb.:
1.
Ali Imron 58-59
2.
An Nisa’ 171
3.
Al Maidah 72, 73, 74, 75, 76, 77, 116 dan
118
3.KITAB SUCINYA
Kitab
sucinya ialah Injil yang diturunkan Allah kepada Isa Al Masih guna menjadi
tuntunan bagi Bani Israil. Injil dalam bahasa Yunani disebut Evangeli, asal
Evangelion. Dalam bahasa latin = Evangelium berarti kabar gembira .
Pertama kali artinya berita tentang
kedatangan juru selamat.tetapi sekarang Injil berarti kitab2 , yang memuat
ajaran2 Isa Al Masih dan cerita2 mengenai beliau.
Injil
yang diakui resmi oleh dunia Kristen sekarang ini ada 4 buah :
1.
Injil Matius terdiri dari 20 surat
2.
Injil Maekus terdiri dari 16 surat
3.
Injil Lukas terdiri dari 24 surat
4.
Injil Yahya terdiri dari 21 surat
Keempat Injil ini ditambah dengan kitab2
Taurat. Tetapi sekarang Injil disebut kitab “Perjanjian Baru” atau Wasiat Baru.
Dalam bahasa Asing disebut New
Testament.
Sampai
pertengahan abad II Masehi, Injil itu belum tersusun seperti sekarang. Yang
hanya berupa catatantentang ajaran dan cerita tentang Isa yang dipegang oleh
masing2 jamaah Nadrani pada masa itu.
Tentang
bilakah disusun dan ditulisnya kitab Injil yang empat ini, orang2 Kristen
banyak yang berselisih pendapat. Ada yang mengatakan bahwa Injil ditulis pada
bagian kedua dari setengah abad pertama : ada yang mengatakan bahwa Injil
ditulis pda tahun 37 Masehi.; ada pula yang mengatakan pada tahun 64 M. dan
sebagian besar mengatakan bahwa Injil pada tahun 98 M.
Bible
kitab suci orang Kristen, itu terdiri atas dua bagian :Perjanjian Lama dan
Perjanjian Baru, yaitu Taurat dan Injil. Yang pertama memuat 39 bagian,yang
kedua 27 bagian. Bagian itu lazimnya disebut kitab2 (bahasa Yunani : biblia ).
Perjanjian
Lama member kesaksian tentang Allah yang sudah menyatakan dirinya dengan
berfirman dan bertindak untuk menyelamatkan umat Israil. Sebagian besar dari
isinya mula2 diserahkan turun temueun secara lisan.sedari zaman raja Dawud abad ke X sebelum Masehi,bahkan
itu berangsur-angsur dikumpulkan,
dicatat,disusun dan disadur menjadi kitab2. Perjanjian Lama sampai sekarang masih
merupakan kitab suci bangsa Israil (Yahudi),hamper seluruhya tertukis dalam
bahasa Ibrani yang terdiri dari tiga bagian : Pertama Thora , kedua Nabiin,
artinya nabi2 dan yang ketiga Kutubin artinya tulisan2 , yakni Mazmur
Amsal,Ajub’,Rut,Ratapan,Daniel, Ezra-Nehemia, Tawarich.
Kitab
perjanjian baru dalam bahasa Yunani, terbit antara tahun 50 dan 100 sesudah
Masehi (yang pertama ialah surat2 Paulus). Isinya ialah pekerjaan tentang Jesus
Kristus terutama keempat kitab Injil, sejarah terjadinya Gereja (kisah
perbuatan para rasul).
Uraian2
tentang iman dan hidup secara Kristen (surat2) dan sebuah kitab penghiburan
yang menggambarkan kedatangan kerajaan Allah (Wahyu).
Beberapa
abad aeaudah Masehi, Gereja mensahkan kanon , yaitu daftar kitab2 yang isinya
diakui sebagai ukuran bagi iman dan hidp Kristen, dalam pada urutannya diubah
dan disesuaikan dengan sejarah keselamatan.
Naskah
aslinya tidak ada lagi, tetapi turunan-turunan yang sangat tua masih ada
misalnya digua Palestina.
Kesimpulan:
setelah melihat kenyataan-kenyataan diatas maka kita dapat memberikan ulasan
tentang kitab-kitab Injil sebagai berikut:
Kitab-kitab
injil itu sama sekali tak sama dengan al-quran tentang kemurnian atau
keasliannya.
Kalau
al-quran ditulis pada waktu Nabi Muhammad masih hidup oleh para sekertaris beliau dan para sahabatnya disuruh
mengahafalkannya. Waktu penyalinan al quran yang kedua kalinya yang dikerjakan
dizaman khalifah Usman bin Affan, disalin kepada empat buah naskah, sedangkan
para penulisnya ialah mereka yang dahulunya menjadi sekertaris nabi juga.
Tetapi
injil ini ditulis bukan zaman nabi isa hidup, karena dimasa hidupnya ia dan
murid-muridnya selaku dikejar-kejar oleh orang yahudi dan romawi.
Firman
Tuhan yang turun beliau yang jelas menjadi hafalan bagi murid-murid beliau
tidak pula ada beritanya, palagi sebagi naskah atau mashaf yang tertulis,
sekiranya ada yang demikian itu tidak akan banyak injil yang kita dapati
sekarang, cukup sejam saja, sesuai dengan aslinya apa yang diturunkan allah
kepada Nabi isa a.s
Adapun
injil yang ada sekarang yang terdiri dari empat buah buku itu, sedikitpun tidak
memuat firman kepada nabi Isa, hanya itu saja, tetapi beberapa buah bahkan
menurut cerita ada ber puluh-puluh buah. Hal ini memang diakui juga oleh Johana
dachir injil karangnya, tetapi sebagian besar mereka telah lupa dan sebagaian lagi
memang telah diputuskan oleh muktamar Kristen untuk dihapuskan, seperti injil
barnaba, malah orang yang membacanya dianggap berdosa oleh mereka.
Apakah
sebenarnya maka injil bernaba dilarang, tidaklah ada keterangan yang jelas,
padahal penulisnya ialah murid nabi Isa sebenarnya. Tetapi jika injil barnaba
ini dibaca, maka nampaklah disana ada unsure-unsur agama samawi yang asli,
yaitu tauhid, jauh berbeda dengan injil-injil yang lain. Dan injil barnaba ini
sesuai hingga mendekati keseluruhannya dengan al-qur’an dan menghilangkan
jurang perbedaan yang dibuat oleh paulus.
4. RASUL-RASUL
NASRANI.
Perketaan rasul-rasul dalam bahasa yahudi dan
umumnya. Orang barat sekarang ialah apostel. Yang dimaksud para rasul ialah 12
orang pengikut pertama Isa al masih seperti tersebut dalam injil matius 10:2-4,
injil marku 3:16-19, injil Lukas 6: 14-16 dan kitab kisah rasul-rasul 1-13.
1. Simon
alias Petrus
2. Andrias
3. Yakub
bin zabdi
4. Yahya
bin zabdi
5. Philipus
6. Bartolomius
7. Tomas
8. Matius
9. Yakub
bin alpius
10. Tadius
11. Simon
(orang kanani)
12. Yudas
iskariot.
Selain dari
sahabat-sahabat tersebut terdapat pula 70 rasul yang dikatakan bahwa al masih
telah memilih dan mengirim mereka untuk mengajarkan agama masehi. Disamping itu
terdapat lagi 120 orang yang kepada mereka petrus berpidati, kemudian mereka
dipenuhi dengan ruh kudus dan seterusnya menyebarkan agama masehi. Dengan
perantaraan mereka yang 12 orang terpilihlah dengan cara undian pengganti dari
yudas penghianat. Undian jatuh kepada matias dan sempurnalah bilangan 12 orang
itu.
Selain ke 12 rasul ini
dianggap juga sebagai rasul utama ialah paulus uang didalam injil juga
dinamakan sam. Meskipun paulus sendiri bukan murid isa al masih, tetapi rasul
paulus ini sampai sekarang paling dihargakan dalam gerja nasrani.
Dari 12 murid isa
al-masih itu ada dua orang yang dianggap sebagai penyusun injil yahya bin zabdi
dan matius.
Dari ke 12 orang itu
seorang dianggap gugur kerasulannya, karena mengkhianati isa, yaitu yudas
iskariot. Nanti kedudukannya diganti oleh orang yang bernama matius atas dasar
undian. Tentang rasul paulus kita bicarakan agak panjang, karena kedudukkannya
sekarang terbukti melampui rasul-rasul yang lain dimata nasrani.
5. AGAMA
MASEHI DALAM PANDANGAN ORANG-ORANG MASEHI
Pembicaraan tentang
agama masehi dewasa ini memerlukan mengenal pendiri agama ini dan peletak
dasar-dasarnya serta pelukis aturan-aturannya, yaitu saul yang kemudian
dinamakan paulus sebagaimana tersebut diatas.
Keterangan tentang
paulus ini adalah sebagai kunci untuk mengetahui agama nasrani.
Saul (paulus) sebagai
disebutkan dalam kutipan tulisan –tulisannya tentang dirinya atau muridnya
Lukas, ia berkata: saya yahudi farisi bin faris atas harapan bangkitnya maut.
Telah kamu dengar lebih dahulu dalam agama yahudi bahwa saya adalah seorang
yang menyiksa gereja tuhan secara melampaui batas, dan merusakkannya dan bahwa
saya maju dalam agama yahudi lebih dari pada teman-teman sebangsa saya yang
sangat cemburu mengenai tradisi nenek moyang saya.
Saul rela dibunuhnya
orang masehi, ia menyerbu gereja memasuki rumah-rumah dengan menarik laki-laki
dan perempuan serta diseraahkannya mereka kepenjara dan selalu ia mengancam
pembunuhan terhadap murid-murid tuhan. Ia berjumpa dengan kepla pendeta dan
meminta kepadanya surat-surat untuk ke Damaskus sepaya kalau dijumpainya
rombongan-rombongan yang mengikuti
rombongan agama ini baik laki-laki maupun perempuan agar di bawanya
terikat ke jerussalem.
Dan mengenai masuknya
paulus kedalam agama masehi Lukas berkata: diwaktu paulus berada didekag
Damaskus, tiba-tiba memancar disekitarnya cahaya dari langit turun kebumi dan
ia mendengar suara berkata kepadanya: saul! Saul! Kenapak lau menyiksaku ? maka
ia berkata : siapakah engkau , tuanku? Tuhan berkata : saya Yesus yang kamu
siksa. Ia berkata dengan gemetar dan kagum : hai tuhan. Apakah yang akan engkau
perbuat? Maka tuhan berkata kepadanya ………….. bangun dan berpeganglah pada agama
masehi.
Lukas berkata pada
achir cerita ini sebuah kata yang berarti, yang mengubah muka sejarah yaitu,
semenjak itu ia menyebarkan didalam pergaulan-pergaulan tentang al masih dan
bahwa ia anak tuhan. Perkataan ini belum diketahui, sebelumnya, maka menjadi
titik-titik peralihan dalam agama masehi.
Demikianlah paulus
memasuki agama masehi serta jadi guru dari agama ini. Dengan cara demikianlah
sempurna agama yang dipercayai oleh satu kaum lain dianggap cerita yang
membuatnya tidak pandai menyusunnya.
Hal ini menimbulkan
satu soal yang tajam sekali yaitu : bagaimanakah saul mempelajari agama masehi?
Siapakah guru-gurunya tentang agama masehi.
Dia berkata : saya
memberitahukan kepada saudara-saudara bahwa injil yang saya tablighkan itu
tidaklah menurut perhitungan manusia sebab saya tidak menerimanya dari manusia
dan saya tidak diajarkan tetapi adalah ilham langsung dari yesus al masih.
Demikianlah saul yang
sesudah menjadi orang masehi bernama paulus melakukan peranan. Dia tidak pernah
melihat al masih, tidak pernah mendengarkannya bercerita, tetapi dia mengatakan
adanya hubungan langsung antara dia dengan al masih.
Berry berulang-ulang
mengatakan bahwa agama masehi yang sekarang adalah agama masehi paulus.
Berry berkata : Isa
adalah seorang yahudi dan dia tetap demikian selama-lamanya. Tetapi saul
membentuk agama masehi itu atas nama Isa. Saullah sebenarnya pendiri agama
masehi. Paulus memasukkan kedalam agamanya beberapa ajaran yahudi untuk menarik
orang yahudi. Begitu pula ia memasukkan gambaran-gambaran filsafat yahudi untuk
menarik orang-orang yahudi. Ia menyiarkan bahwaIsa adalah penyelamat, pembalas
dan tuan “ Lord” yang dengan mencapai keselamatan.
Dan sengaja pula untuk
menarik para terpelajar meminjam dari failaduf-failasuf yahudi, teristimewa
dari failasuf philo tentang hubungan tuhan dengan bumi dengan perantarannya al
kalimat kalimat “ the logos” atau anak tuhan “the son of god atau “the holy
ghost” bayangan yang suci.
Sari ajaran paulus
ialah :
1. Agama
masehi bukan hanya untuk orang yahudi saja tetapi untuk seluruh bangsa.
2. Tri
tunggal tiga tuhan satu termasuk ketuhanan al masih dan ketuhanan ruh kudus.
3. Wujud
isa sebagai anak tuhan dan turunnya ke bumi untuk mengorbankan diri menebus
dosa manusia.
4. Isa
bangkit dari alam maut dan naik ke langit untuk duduk dikanan ayahnya memerintahkan manusia.
Dari sari ajaran paulus
itulah diletakkan dasar-dasar tekad agama masehi dewasa ini yaitu:
1. Ketuhanan
yang tiga/tri tunggal (trinitas)
2. Anak
yang berupa badan yang mencul dalam rupa anak adam, dilahirkan sebagai penembus
dosa yang dilakukan oleh bapak manusia adam.
3. Tuhan
bapak menyerahkan kepada tuhan anak pertimbangan dosa-dosa manusia, karena ia
pada satu ketika muncul dalam rupa manusia, lebih dekat mempertimbangkan
soal-soal manusia.
6. TRITUNGGAL
(TRINITAS)
Rahasia allah tritnggal
yang kudus ini adalah merupakan pokok kepercayaan agama masehi. Untuk
mengetahui masalah ini baiklah kita kutip dari buku pengajaran gereja khatolik
terjemahnya katekimus jerman oleh P. Wahjo O.F.M pada halaman 101-102 sbb:
Bapak putra dan roh
kudus adalah tiga pribadi. Kedua pribadi itu sudah mewahyukan dirinya pada
permandian yesus. Bapak telah mengutus putera kedunia: putra telah menjadi
manusia dan telah menebus dosa kita, roh kudus telah turun atas gereja dan
mensucikan kita. Kita telah dpermandikan atas nama bapak, putera dan roh kudus.
Ketiga pribadi itu
masing-masing adalah sungguh allah seperti bapak demikian putera dan roh kudus
adalah maha kudus dan maha kekal. Karena itu bapak, putra dan roh kudus
disembah dan dimuliakan yang sama. Tetapi pribadi itu hnyalah satu allah saja,
mempunyai satu pengetahuan ilahi, satu kehendak ilahi, satu kehidpan ilahi
dalam kebahagiaan yang tak terhingga. Allah yang esa dalam tiga pribadi itu
kita sebut allah tritunggal yang maha kudus.
Kebenaran Allah yang
esa dalam tiga pribadi itu adalah rahasia iman kita yang paling besar, kita
tidak dapat memahaminya, untuk itu diperlukan akal ilahi. Akal kita belum lagi
dapat memahami semua ciptaan yang kelihatan dan yang tak kelihatan, apalagi mau
menduga Allah. Kita tak akan mengetahui, bahwa dalam Allah itu ada tiga pribadi
sekiranya kritus tidak mewujudkan rahasia itu kepada kita. Demikian menurut
pengajaran gereja khatolik.
Didalam buku inti sari
iman Kristen halaman 88 bab 35 tentang tritunggal a.i dikemukakan:
Didalam al kitab dan
didalam iman rasul dikatan tentang Allah bapak, tentang yesus kristus dan
tentang ruh kudus. Itu sekali-kali tidak berarti, bahwa kita percaya kepada
tiga tuhan. Bersama-sama dengan umat israil gereja mengakui bahwa hanya ada
satu allah yang esa adanya.
Tetapi Allah yang esa
itu memperkenalkan dirinya sebagai Allah diatas kita (Allah bapak) sebagai
allah beserta kita (yakni didalam yesus kritus). Ketiga-tiganya tidak dapat
dipisah-pisahkan satu sama lain, namun dibeda-bedakan juga. Itulah yang
dimaksudmkan dengan istilah tritunggal. Dengan istilah itu sekali-kali tidak
dimaksudkan bahwa kita sanggup memecahkan rahasia tentang diri Allah. Hakikat
Allah tak dapat ditangkap dengan akal budi manusia atau diterangkan dalam satu
rumus.
Demikianlah pengertian
mengenai tritunggal :
7. SEJARAH
PERKEMBANGAN GEREJA
Orang nasrani sendiri
menanamkan agamanya dengan istilah “gereja kritus”
Istilah gereja asalnya
dari bahasa protugis yaitu igreja” (igredja) yang berasal dari bahasa yunani
“exclesia” yang berarti terkeluar. Maksudnya jemaah nasrani dipanggil keluar dari dunia untuk menjadi milik tuhan.
Gereja Kristen itu
mulai timbul ditengah bangsa yahudi banyak menyimpang dari pelajaran taurat.
Nabi Isa sebenarnya
bukan membawa syariat baru tapi adalah sama dengan nabi musa, yaitu agama
yahudi dengan memperbaiki keagamaan bangsa yahudi.
Kitab suci yang menjadi
sandaran waktu itu tetap juga taurut (perjanjian lama). Pelajaran Nabi isa itu
lah dinamakan injil. Pada hakikatnya kitab injil adalah lanjutan dari taurut
mengenai syariatnya, takkala nabi isa telah menghilang maka oleh muridnya
dibentuk suatu jemaah nasrani di jarusalem, diketahui oleh petrus dan Jacob.
8. TERBAGI
KEPADA BEBERAPA GOLONGAN
Pertentangan pendapat
tentang ketuhanan yesus dan tabiat kejadian Al masih telah menimbulkan beberapa
mazhab dikalangan agama nasrani. Mazhab-mazhab itu antara lain ialah :
1. Maz-hab
Nasthurijah
Mazhab ini berpendapat bahwa isa bin
maryam seorang manuis, hanya dengan kencintaan saja bersatu dengan bapak.
Apabila dikatakan bahwa dia adalah anak tuhan, pada hakekatnya bukanlah
demikian tetapi hanya secara kiasan saja (majazi).
2. Maz-hab
malkanijah
Mazhab ini berpendapat bahwa maryam
melahirkan seorang tuhan, yaitu yesus al masih. Dia dengan bapaknya dalam
ketuhanana dan dia dengan manusia dengan tabiat kemanusiaan. Mereka menyaksikan
bahwa al masih adalah dua tabiat satu oknum dan satu muka.
3. Maz-hab
jacobijah
Mazhab ini berpendapat, bahwa
sesungguhnya ketuhanan dan kemanusiaannya itu bergabung dalam satu tabiat,
yaitu al masih. Juga mereka berpendapat sesungguhnya allah itu ialah al masih
semata-mata. Mazhab ini biasa pula disebut mazhab gereja Alexandria.
Disebut jacobiyah karena dikembalikan
kepada penyerunya yang tangkas ialah Jacob al bairazi.
Demikian mazhab-mazhab
yang terdapat dikalangan masehi mengenai kepercayaan mereka terdapat tabiat al
masih .
Tiga mazhab tersebut
ialah nistori, malkani, dan Jacobi, ditambah lagi dengan mazhab yang ke empat
yaitu bernama yahya maron yang dikembalikan kepada seorang laki-laki bernama
yahya maron yang menyerukan pada tahun 667 M. bahwa almasih mepunyai keinginan
yang satu karena bertemunya kedua tabiat itu dalam satu oknum. Patriah-patriah
tidak menerima, pendapat ini, mereka menunjukkan kepada emporer supaya
mengadakan perundingan, maka diadakan
perundingan di konstantinopel tahun 680 yang mengambil keputusan bahwa
al masih mempunyai dua tabiat dan dua keinginan. Siapa berkata selain dari pada
itu dikutuk (keputusan ini merupakan jawaban atas mazhab maroni)
Komperensi-konperensi
yang pernah diadakan untuk memecahkan masalah tritunggal a.l ialah :
1. Konperensi
nicea tahun 325 konperensi kedua dikonstantional dan Negara roma timur resmi
menganut Kristen. Pada konperensi kedua ini diputuskan bahwa : tuhan anak dan
roh kudus sama-sama dengan bapak dalam satu ketuhanan. Bahwa anak adalah putera
yang asli dari bapak dan roh kudus memancar dari Bapak.
2. Konperensi
ktiga diadakan di Chalcedon tahun 451. Dalam siding ini telah dapat
dipersatukan seluruh faham, tetapi pada tahun 589 diaadakan pula konperensi
keempat di telodo, disitu saja diputuskan bahwa : roh kudus tidak hanya memancarkan dari Bapak tetapi juga dari anak.
Pendapat diatas itu disetujui oleh
gereja-gereja latin (yang muncul menjadi roma khatolik) tetapi gereja yunani
yang mulanya diam saja akhirnya menentang putusan tambahan telodo dan
menganggap bahwa putusan itu bid’ah.
Golongan –golongan yang
terkenal yang masih tinggal hingga kini ialah :
1. Khatolik
: gereja mereka dinamakan gereja khatolik atau gereja barat atau patriah atau
rasuli. Artinya khatolik jelata umum, sebab ia mengaku bahwa ia ibu dan guru
dari gereja-gereja dan oleh karena ia sendiri aja yang menyebarkan agama masehi
diseluruh dunia. Dinamakan ia gereja barat atau latin karena luas pengaruhnya
terutama dibarat latin, yaitu dinegeri-negeri iatlia, balgia, perancir,
spanyol, dan protugis sekalipun ia mempunyai pengikut dilain-lain tempat.
Dinamakan gereja partiah atau gereja rasuli karena pengikut-pengikutnya
mendakwahkan diri bahwa pendiri-pendirinya yang terutama adalah petrus yesus
rasul, sahabat yang terbesar serta tertua dari sahabat-sahabat dan pope (paus)
di roma adalah kalifah-kalifahnya.
2. Orthodox
: gereja ini dinamakan gereja roma orthodox atau gereja yunani oleh karena
kebanyakan pengikutnya diromawi timur dan dari negeri-negeri timur seperti
Rusia, Balkan dan yunani. Pusat asalnya
adalah konstantions dan dari gereja katolik dimasa Michael karolarius,
partiah konstantionopel tahun 1054 dan sekarang ia terdiri dari gereja-gereja
merdeka. Gereja khatolik roma tetap dikepalai oleh paus dan berpusat ri roma. Gereja ortodok yunani tidak berpusat
pada satu kota, tetapi masing-masing negeri punya pusat sendiri-sendiri dan
kepalai oleh seseorang partiah.
3. Protestan
: gereja mereka dinamakan gereja injil. Maksudnya dari nama menunjukkan bahwa
pengikut-pengikutnya mengikuti injil semata-mata. Dengan nama ini mereka
menentang gereja lain yang menganggap pengertian injil adalah menurut pendapat
orang-orang gereja dan tidak menganggap injil itu satu-satunya sumber untuk
agama masehi bahkan mereka menambahkan padanya pelajaran-pelajaran yang tidak
tercantum didalamnya yang ditambahkan oleh pope-pope.
Prostetan tersiar di
jerman inggris, Denmark, belanda, swis norwegia dan amerika utara.
Adapun timbulnya agama
protestan ialah karena gereja khatolik roma mengalami terus menerus perselisih.
Para paus lama kelamaan berkuasa seperti raja-raja dunia, memegang kekuasaan,
kekayaan dan bersaingan dengan raja-raja sunia lainnya. Ini menerbitkan reaksi
dari umum. Timbulnya gerakan menentang ulama-ulama Kristen. Ini makin lama
makin menjadi-jadi dengan pengaruh pemikiran baru (renaissance dan humanism).
Puncak krisis gereja khatolik roma ialah pada paus leo X yang menganjurkan
penjualan surat-surat penebusan dosa besar-besar untuk mengisi kas gereja.
Hal ini ditentang oleh
seorang rahib yang bernama luther. Gerakan penyokonga luther dinamakan
reformasi. Dua tokoh lain yang sama besarnya dengan luther adalah “Zwingli dan
Kalvin”. Golongan reformasi disokong oleh raja-raja jerman sedang paus disokong
oleh kaisar karel V. pada rapat kerajaan 1529 kaisar memaklumkan bahwa gerakan reformasi
dilarang.
Penyokong reformasi
menyampaikan protes terhadap putusan rapat itu.
Karena protes ini,
mereka dinamakan kaum protestan. Sejak waktu itu kaum protestan secara resmi
sudah keluar dari gereja katolik dan berdiri sendiri. (1529)
Perbedaan-perbedaan.
Perbedaan-perbedaan
yang nyata antara khatolik dan protestan ialah:
a. Protestan
member kebebasan kepada para pengikutnya untuk menyelidiki dan memahamkan injil
walaupun sampai kepada hak-hak yang mengenai kepercayaan.
b. Roma
khatolik menganggap bahwa paus dan para pendeta adalah orang-orang yang
diibadati karena itu mereka berhak menerima penebusan dosa dari seseorang
dengan pembayaran yang disukainya, sedang protestan menentangnya.
c. Khatolik
mengorganisir seluruh gereja khatolik dan semua penganutnya tunduk kepada iman
(paus) di roma sedang protestan tidak.
d. Khatolik
melarang para iman atau pendeta-pendeta untuk kawin sedang protestan tidak.
e. Orang-orang
protestan mnolak ajaran khatolik yang mengannggap roh dan anggur dalam
pertamuan suci benar-benar akan menjadi tubuh dan darah yesus kristus.
f. Hak
antara orang biasa dan iman dalam pertamuan suci (missa suci)bagi kaum
protestan sama.
Adapun mengenai
kepercayaan tentang tritunggal, tantang ketuhanan isa, tentang kedatangannya
untuk menebus dosa segenap manusia, tentang ia disalib, antara khatolik dan
protestan tidak ada perbedaan pendapat.
Mazhab-mazhab dalam
gereja prostestan.
Dalam zaman yang sama
luther, Zwingli dan kalvin bersama-sama menentang khatolik. Diantara ke 3 tokoh
itu sendiri terdapat perbedaan-perbedaan tertentu, sehingga mereka merupakan 3
mazhab yang berdiri sendiri.
Perbedaan-perbedaan :
1. Bagi
luther dalam pertamuan suci roti dan anggur tercampur dengan tubuh dan darah
kristus bersama-sama (dua zat).
2. Bagi
Zwingli roti dan anggur dalam pertamuan suci, dianggap lambang semata-mata,
tanda persaudaraan anggota jamaah.
3. Bagi
kalvin tidak seperti luther (bercampur)juga tidak sperti Zwingli (hanya lambang
saja) tapi baginya : apa yang terjadi secara lahir dalam pertemuan itu terjadi
pula secara rohani antara hadirin dengan yesus.
Di inggris terdapat
pula aliran gereja tersendiri, yang dinamai anglikan. Gereja ini dalam fahamnya
sama tengah antara khatolik dan protestan. Gereja anglikan bersifat episkopal,
yaitu dipimpin oleh seorang uskup, seperti yang terdapat dalam gereja oetodox.
9. IBADAT
DAN UPACARA –UPACARA AGAMA
Upacara-upacara
keagamaan antara lain ialah SAKRAMEn, yaitu perbuatan dan perkataan suci yang
diadakan oleh kristus, untuk memberikan rahmat yang ditandakannya.
Dalam agama khatolik
ada tujuh sakramen yaitu:
1. Pemandian
(pembaptisan kristus = dikristenkan)
2. Penguatan
( kesentausaan = minta diberi doa kuat imannya)
3. Ekaristi
(tamuan suci dengan roti pahit, dan anggur)
4. Pengakuan
dosa
5. Perminyakan
suci (kalau orang akan mati, pendeta dating dan orang itu dileleti minjak
dengan harapan mati dalam kesentausaan dan akan mendapat ampunan yesus kritus).
6. Keimanan/
imamat sakramen yang memberikan orang dipanggil kekuasaa untuk melanjutkan
imamat kristus. (imamat kudus diberikan dengan penumpangan tangan diatas kepala
dan doa uskup. Selain itu diserahkan kepada orang tahbisan tanda-tanda
kekuasaan dan martabatnya).
7. Sakramen
perkawinan; sakramen yang membuat seorang laki-laki dan seorang perempuan
bersatu dalam cinta kasih, untuk membentuk suatu keluarga Kristen dengan
pertolongan rahmat tuhan.
a. Pertemuan
suci
b. Pembaptisan
(penguatan)
Keterangan :
Kata “membaptisan”
artinya membasahi, menyelamkan, membasuh, pembaptisan melambangkan pembersihan
dari dosa. Ingatlah pembaptisan yang (matius 3: 13-17).
Maksudnya : pembaptisan
itu menandakan, bahwa diri seseorang
yang disebut manusia lama, mati bersama-sama kristus, agar bangkit pula bersama
dia sebagai manusia baru. Dengan kata lain tuhan member jaminan yang senyata-nyatanya,
bahwa seseorang itu termasuk pada perjanjian baru, yang didirikan dibukit
golgota. Sebab itu disebut tanda dan materai dari perjanjian kudus.
Roti dan anggur yang
dipergunakan pada pertemuan itu hanyalah bahan-bahan biasa, dan tetap tinggal
roti dan anggur itu, maka sama seperti baptisan kudus, sakramen ini pun
merupakan firman yang kelihatan. Roti yang dipecahkan itu menandakan tubuh
kristus yang dibinasakan karena manusia, dan anggur itu menandakan darahnyayang
ditumpahkan karena kita.
Pertamuan tuhan ini
akan terus dirayakan hingga ia dating (1 korintus 11:26). Persekutuan dengan
kristus dan dengan saudara-saudara kita, sebagaimana dialami pada pertamuan
kudus, menbayangkan persekutuan sempurna yang akan diwujudkan pada pertamuan
agung kelak (wahyu 19: 6-9).
10. HARI-HARI
BESAR KRISTEN
1. Hari
natal yaitu lahir isa al masih tanggal 25 desember
2. Hari
wafat isa al masih tanggal 31 maret
3. Paskah
kedua tanggal 2
11. ASJDAGD
1. Hari
Natal yaitu hari lahirnya Isa Al Masih tamggal 25 Desember.
2. Hari
wafatnya Isa Al Masih tanggal 30 Maret.
3. Paskah
kedua pada tanggal 2/3 April. Menurut kepercayaan orang Kristen nahwa setelah
ia disalib terus dikubur , tiga hari lagi ia bangkit dari kuburnya, karena
sebenarnya ia tidak mati dan menampakkan dirinya pada murid2nya.
4. Mieaj
Isa Al Masih tanggal 2 Mei. Menurut orang2 kenyakinan orang2 Kristen setelah 40
hari ia bangkit dari kuburnya lalu ia naik kelangit (Mi’raj).
5. Pantekosta
yaitu hari kelima puluh setelah pasjah kedua.
Semua upacara hari Raya Kristen ini , berbeda
dengan upacara dalam agama Yahudi. Hari raya dan upacara dalam agama Yahudi
mulai dari paskah dan sebagainya, memang dituntunkan asalnya dari nabi Musa a.s
kecuali perayaan yang bersangkutan dengan Naitul Muqoddas. Sedangkan upacara2
agama Kristen hanya dibuat oleh orang2 Kristen jauh dibelakang Nabi Isa a.s.
PANDANGAN ISLAM DAN ULASAN
1.TRITUNGGAL
: menurut pandangan Islam bahwa pelajaran yang asli yang diberikan nabi Isa a.s
adalah Tauhid, jelas tertulis dalamsabda
beliau yang dicatat oleh para pebgang Injil. Sesuat dengan keterangan beliau
bahwa : ia datanguntuk merombak hukum2 Taurat, tetapi hendak menegakkan dan
mencampurkan inti pokok hokum Taurat ialah perintah yang hokum 10 dan yang
pertama ialah Tauhid.
Tetapi
orang Kristen telah merombak ajaran Tauhid dengan musryik,mereka mengataklan
nabi Isa sendiri anak tunggal dari Tuhan: begitu juga Roh Kudus satu diantara
ketiga Tuhan.
Tritunggal
itu dirumuskan mereka sebagai satu Tuhan yang ujud dari kesatuan tiga oknum,
yang mereka sebut : Allah Bapa, Allah Anak, dan Ruhul Kudus. Keyakinan2 semacam
ini yang dianut oleh gereja2 Roma Katolik, Kristen Timuir (Grik Katolik), dan
umumnya orang2 protestant.
Pandangan
Islam dalam Tritunggal adalah seperti yamg tersebut dalam surat Al Maidah ayat
72-73, yang artinya : ,,sesungguhya kafirlah yang , mengatakan : bahwa Tuhan
itu Al Masih amak Maryam. Dan Al Masih Mengatakan : Hai anak2 Israil sembahlah
Allah Tuhanku dan Tuhan kamu. Sesungguhya siapa yang mrnyekutukan Allah niscaya
Allah akan melarangya masuk surga dan tenpatnya dalam neraka. Orang2 yang
melanggar aturan itu tidak mempunyai penolong.
Sesungguhnya
kafrilah orang2 yang mengatakan bahwa Tuhan ialah ketiga dari tiga. Tidak ada
Tuhan selain Allah. Kalau mereka tidak berhenti dari apa yang dikatakanya itu
niscaya oeang kafir diantara mereka akan disentuh siksaan yang pedih.”
Tentang
ayat2 Al Qur’an yang berhubungan dengan Isa Al Masih ialah sbb :
Surat
Al Maidah ayat 75
Surat
Ali Imran ayat 45,48,49
Bilakah
nabi Isa dianggap sebagai tuhan ?
(setelah
paulus menganut agama Nasrani;dijelaskan ). Beberapa kofrensi yang pernah
dikemukakan tersebut diatas telah memutuskan tentang ketuhanan Al Masih, dan
memutuskan pula bahwa Ruh Kudus adalah Tuhan juga.
Bandingka
dengan Islam : dalam Islam ulama2 mempunyai hak Ijtihad, tetapi hanya dalam
hal2 furu’ (cabang). Adapun bilangan sembahyang dan rakaatnya serta ibadat haji
dan sebagainya tidak tunduk sepenuhnya pada Ijtihad. Ulama2 dalam Islam tidak
dapat mengadakan syariat, yamg berhak hanyalah Allah semata. Orang2 Islam jauh
benar dari soal membuat tentang Tuhan dan Allah adalah Tuhan tunggal.
2.peribadatan
Nasrani
Dalam
agama Islam yamg merjadi peribadatan pokok itu ialah : Salat lima waktu dan
berjamaah salat Jum’at,Puasa Ramadhan, Zakat, Haji jika kuasa. Juga dalam agama
Yahudi dalam ibaday ialah : salat tiga kali sehari (dengan sholat dan sujud
hampir sama dengan Islam sekarang,sedang berjamaah pada hari Sabtu. Puas pada
hari Ghafirat Besar dan puasa sunah pada hari Senin/Kamis dan bersunat tanda
takluk pada Taurat untuk Bani Israil.
Dalam
Islam ada sunah Muakad seperti sholat Idul Fitri, Idul Adha dan macam2
kewajiban lainya. Juga dalam agama Yahudi ada bermacam2 qurban, perayaan tahun
Jobel (sekali dalam 50 tahun), Perjamuan Paskah, Perjamuan Pantekosta dan
bermacam2 perta setelah pembuangan. Karena Paulus mengajarkan agae tidak takluk
pada ajaran Taurat maka peribatan Yahudi diganti dengan peribadatan imam2
Nasrani dengan peribadatan baru sama sekali.
Bersunat
diganti denganm pembaptisan (mandi suci) kemudian diadakan perjamuan suci
sebagai imitasi perjamuan Paskah Yahudi.
Disini
jelas bagi kita, bahwa umat Nasrani tidak mengenal peribadatan pokok yaitu
sholat dan puasa seperti dalam agama Yahudi san Islam. Yang dikerjakan dalam
agama Nasrani, dalam gereja2 yang sekarang yang kita lihat dewasa ini tidak
lain hanya semacam doa umum bersama, atau kalsau dalam Islam doa tahlil, tidak
lebih. Soal wudlu dan soal berjamaah atau perorangan dilindungi/dilimgkungi
rukun2 peotokoler seperti dalam islam
dan Yahudi tidak disertai khotbah2 dalam bentuk
imitasi salat Sabtu dari agama Yahudi, mereka boleh melakukanya hari
Minggu dan sepanjang hari Minggu dengan tidak dibatasi waktu.
3.Kitab suci Bibel ; yang menjadi
pegangan agama Kristen, tempat mendasarkan semua urusan ialah kitab suci mereka
Bibel. Yang dimaksud olrh Bibel ialah kumpulan Perjanjian Lama daqn Perjanjian
baru. Yang dinamai Perjanjian Lama seperti yamg telah disebut diatas aalah
semua kitab2 , sutrat2, naskah dan catatan Bani Israil, semenjak zaman nabi
Musa sampai akan lahirya nabi Isa a.s. Meliputi dari lima kitab itu, kitab
Talmud dan beberapa naskah perkabaran dari tarich Nabi2 dan Raja2 Israil.
Adapun yang dinamakan Perjanjian Baru ialah semua kitab, naskah surat kiriman
dari para penyair Kristen sesudah perginya nabi Isa a.s seperti Injil. Yamg
krrmpat itu sampai pada catatan wahyu yang diterima Joanna, sebagai mana yang
telah dilihat contoh diatas (dalm bab kitab2 suci) yaitu adanya pertentangan
diantara keempat kitab2 Injil satu sama lain, apalagi dengan naskah surat yang
bermacam2 itu. Adapun pandangan kita terhadap kitab Bibel itu, ialah sebagai
yang diperingatkan nabi Muhammad kepada kita :,,,jangan kamu benarkan begitu
saja, dan jangan kamu bohongkan begitu saja”.
4. Tentang Penyaliban Isa Al Masih dapat dibaca
pada sejarah ringkas Isa Al Masih pada permulaan bab ini.
CREDO PARA RASUL
I.
1. Aku percaya akan Allah, Bapa yang
Maha Kuasa pencipta langit dan bumi.
II.
2. Dan Jesus Kristus, Putranya yang
tunggal, Tuhan kita.
3.Yang dikandung
dari Roh Kudus, lahir dari dara anak Maria.
4. Yang menderita dibawah pemerintahan
Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dan dikuburkan.
5. Yang turun ketempat penantian, pada
ahri ketiga bangkit dari antara orang mati.
6. Naik kesurga, duduk sebelah Allah
Bapak yang Maha Kuasa.
7. Dari situ Ia akan datang mengadili
orang hidup dan mati.
III. 8.
Aku bertanya pada Roh Kudus.
9. Gereja yang Kudus, persekutuan para kudus.
10.
Pengampunan dosa
11.Kebangkitan
badan
12.
Kehidupan kekal
No comments:
Post a Comment