Friday, May 29, 2015

HUJAN DAN MASALAH YANG TIMBUL



PENGERTIAN HUJAN


Hujan adalah peristiwa turunnya butir-butir air dari langit ke permukaan bumi. Hujan juga merupakan siklus air di bumi.
MASALAH YANG TIMBUL AKIBAT HUJAN
1.     Masalah kesehatan.
2.     Masalah untuk lingkungan.
3.     Masalah untuk pekerjaan/industri.
4.     Masalah untuk pengendara.

TIPS AMAN BERKENDARA SAAT HUJAN
Musim hujan mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan para pengendara motor. Sebab, hujan biasanya membuat banyak genangan, yang tentunya rentan bagi motor untuk mogok. Selain itu, karena tertutup genangan, lubang di jalanan akan tak terlihat. Praktis akan meningkatkan risiko terhadap kecelakaan. Namun ada beberapa tips agar pengguna motor tetap terhindar dari marabahaya yang disebabkan oleh hujan. Apa saja? Simak beberapa tipsnya:





1.     Menggunakan jas hujan. Namun perlu digarisbawahi jas hujan yang digunakan diusahakan jas hujan dengan celana, bukan jas hujan yang model kelelawar.
Jas Hujan Yang Dianjurkan

Jas Hujan Yang Tidak dianjurkan

2.     Pastikan lampu sepeda motor menyala baik depan maupun belakang. Saat berkendara di hujan lebat, pastikan Anda terlihat oleh pengguna jalan lain. Pastikan lampu depan dan belakang motor menyala.
Lampu Sepeda Motor Harus Menyala.

3.     Menggunakan helm dengan kaca bening. Untuk ini disarankan menggunakan helm fullface agar air hujan tidak masuk ke dalam wajah pengendara, akan tetapi kalau tidak mempunyai bisa juga menggunakan helm halfface. Namun penggunaan helm saat hujan terlebih hujan yang lebat berpotensi membuat tingkat penglihatan pengendara menjadi terbatas, mungkin bisa dengan membuka kaca akan tetapi jika hal ini dilakukan akan membuat air hujan dapat masuk ke dalam.
Helm FullFace

4.     Fokus. Selalu fokus. Konsentrasikan pikiran Anda pada keadaan jalan raya. Sesekali jangan lupa cek spion, untuk melihat kendaraan yang ada di belakang.
Selalu Cek Spion
5.     Gunakanlah ban sepeda motor yang baik, dan tidak botak. Jika ban sudah botak dan licin permukaannya, sebaiknya segera diganti. Ban seperti itu sangat tidak nyaman untuk dipakai, apalagi saat musim hujan. Ban licin atau botak bisa menyebabkan kecelakaan. Kalau kedalaman alur sudah kurang dari dua mm, sebaiknya bannya diganti. Dan pakailah ban yang kembangannya mampu menyalurkan aliran air ke bagian luar. Sebab, kalau alur kembangannya ke dalam, maka itu akan mengotori mesin.
Ban Standart
6.     Paculah motor Anda pada kecepatan rendah saat hujan. Setidaknya hal ini akan menjaga keamanan saat berkendara. Lalu, ada baiknya tetap berada di satu jalur alias tidak berpindah-pindah. Namun, pastikan juga Anda tidak terlalu ke kanan, agar tidak mendekati jalur berlawanan, dan dapat terhindar dari cipratan genangan air.
7.     Saat jalanan licin, maksimalkan penggunaan rem belakang. Penggunaan rem depan secara mendadak tidak dianjurkan, karena berpotensi membuat pengendara terjungkal
Akibat Memacu Kendaraan Terlalu Tinggi Saat Hujan
8.     Hindari genangan air. Melewati genangan air selain dapat menimbulkan cipratan yang dapat mengganggu pengemudi lain, juga dapat berpotensi bahaya karena lubang yang tidak dapat anda prediksi. Karena itu, faktor kecepatan mengemudi juga perlu diperhatikan.
Cipratan Akibat Genangan Air
9.     Jangan Menggunakan Payung. Menggunakan payung saat mengendarai sepeda motor ketika hujan sangat-sangat beresiko. Alasannya adalah ketika kita mengendarai sepeda motor kita ibarat membelah angin, bisa dibayangkan kalau kita menggunakan payung ketika berkendara, sudah pasti keseimbangan kita akan terganggu dan yang paling fatal kita bisa terjungkal.
Pakai Sepeda Saja Terjungkal, Bagaimana Kalau Pakai Motor???
Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika mengendarai sepeda motor saat hujan. SEMOGA BERMANFAAT J

No comments:

Post a Comment

MAGANG DI DAIHATSU KYUSHU JEPANG

Ohayou gozaimasu… Konnichiwa… Konbanwa… bagi minnasan semuanya, gak kerasa ya udah lama banget gak posting dimari. Ini blog udah k...